11 Ribu Pejuang Eks Timtim Gapai Piagam Penghargaan & Pin Patriot Bela Negara dari Kementerian Pertahanan

Loading

Belu–NTT, Garda Indonesia | Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) secara simbolis memberikan piagam penghargaan dan menyematkan pin patriot bela negara kepada 23 perwakilan eks pejuang Timtim di Stadion Haliwen, Atambua, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 4 November 2021; turut menyaksikan, Bupati Belu, dr. Agustinus Taolin, Sp.PD – KGEH, FINASIM, Sekda Provinsi NTT, unsur forkopimda plus dan seluruh jajaran Kemenhan RI.

Sambutan tertulis Menteri Pertahanan RI (Menhan RI) yang dibacakan oleh Dirjen Potensi Pertahanan Kemhan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha, bahwa kegiatan ini merupakan salah satu wujud penghargaan negara kepada warga negara Indonesia yang telah berjasa dalam usaha menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, dan diharapkan dapat dijadikan sebagai momentum untuk menumbuh kembangkan semangat bela negara bagi kita semua,” ujar Menhan RI.

Ditambahkannya, bahwa tugas bela negara bukan hanya tugas TNI dan Polri, bukan juga tugas petinggi negara. Namun, bela negara merupakan tugas dan kewajiban kita semua sebagai warga negara Indonesia. “Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk menjalankan tugas dan kewajiban kebangsaan kita serta bersama–sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara kita sesuai dengan peran dan profesi kita masing–masing,” ajak Menhan.

Menhan RI menegaskan, jasa dan pengorbanan masyarakat NTT, khususnya yang telah setia dan berjuang untuk membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI tidak boleh dilupakan. Karena itu, pemerintah perlu memberikan piagam penghargaan dan pin patriot bela negara yang ditetapkan dalam keputusan menteri pertahanan tentang pemberian penghargaan patriot bela negara kepada masyarakat NTT.

Menhan RI menuturkan, piagam penghargaan dan PIN bela negara ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk memberi dan memperhatikan jasa serta perjuangan para pejuang untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan bangsa Indonesia serta mengukuhkan saudara–saudara sekalian sebagai kader bela negara.

“Saudara–saudara berhak menerima penghargaan atas jasa dan pengorbanan dalam mempertahankan keutuhan wilayah NKRI,” tandas Menhan

Gubernur NTT, Viktor B. Laiskodat melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sekda Provinsi NTT, Ir. Benediktus Polo Maing, menyampaikan proficiat dan apresiasi kepada seluruh pejuang eks Timtim yang mendapatkan penghargaan atas semangat bela negara, sikap berani, rela berkorban dan keteladanan terhadap NKRI. Gubernur NTT juga mengucapkan terima kasih kepada Kemhan RI yang memberikan penghargaan kepada 11.000 pejuang eks Timtim atas jiwa patriot dan keberanian membela NKRI.

“Saya atas nama Gubernur dan masyarakat NTT menyampaikan terima kasih kepada bapak Menteri Pertahanan RI dan jajaran yang telah memberikan penghargaan bagi masyarakat NTT, dan saya atas nama Pemerintah NTT mengharapkan agar kita sama–sama mendukung dalam menghadapi tantangan di daerah ini, untuk membangun daerah ini dan meningkatkan kemajuan daerah NTT,” ungkap Sekda Provinsi NTT. (*)

Berita: (*/Kominfobelu – Dora & Norci)

Foto: Cransen

Editor: (+Herminus Halek)