Jajal Sirkuit Mandalika Lombok, Jokowi : Banyak Tikungan Tajam

Loading

Lombok, Garda Indonesia | Presiden Jokowi menjajal Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang digunakan sebagai landasan pacu bagi para pembalap World Superbike Championship (WSBK) dan Asia Talent Cup.

Usai menjajal sirkuit menggunakan motor balap khusus berwarna hijau bertuliskan RI1, Jokowi menyampaikan kesannya. “Sirkuit Mandalika sempat diguyur hujan deras. Hari ini, saya tetap turun dan menjajalnya dengan sepeda motor saya,” ujarnya pada Jumat, 12 November 2021.

Rupanya, imbuh Kepala Negara, begini yang disebut sirkuit balapan. ”Tikungan-tikungannya tajam sekali. Ada 17 tikungan. Kalau untuk pembalap mungkin enggak masalah. Tapi saya?” urai Jokowi dengan tersenyum.

Sebelumnya, personel gabungan TNI-Polri mencapai 3.000 personel dikerahkan untuk mengamankan even internasional yang pertama kali dihelat  .

“Setidaknya minimal tiga ribu personel, karena kita terus melakukan updating tentang manajemen pengamanan ini. Tapi personel gabungan TNI-Polri minimal tiga ribu,” ujar Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen Mohammad Iqbal, pada Kamis, 11 November 2021.

Iqbal menyebut 3.000 personel gabungan TNI-Polri akan berjaga di ratusan area di NTB. Dia menjelaskan, aparat keamanan tersebar dari perbukitan hingga jalan-jalan terowongan di NTB.

Selain pengamanan pola terbuka, Iqbal memastikan pengamanan pola tertutup sudah dipersiapkan dengan matang oleh Polda NTB dan Korem 162/Wira Bhakti. “Dan kita tidak bisa buka (strategi pengamanan) semuanya ke ranah publik,” tandas Kapolda NTB, Irjen Mohammad Iqbal.

Sumber (*/kanal Jokowi & Humas Polri)

Foto utama (*/koleksi foto Jokowi)

Editor (+roni banase)