Tempa Karakter Seni Siswa, SMPN 2 SoE Teken MoU dengan YASPENSI

Loading

SoE, Garda Indonesia | Guna meningkatkan bakat dan minat para peserta didik, terutama dalam pembentukan karakter melalui pendidikan seni, SMP Negeri 2 SoE, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menandatangani memorandum of understanding (MoU) dengan Yayasan Pustaka Pensi Indonesia (YASPENSI), pada Sabtu siang, 12 Februari 2022 di ruang Kepala SMP Negeri 2 SoE.

Kepala SMP Negeri 2 SoE, Edison M.S. Boimau, S.Pd. menyampaikan terima kasih kepada pihak YASPENSI yang telah membuka ruang bagi sekolahnya untuk kerja sama dalam pengembangan karakter siswa melalui seni.

“Saya bersyukur, kegiatan pendampingan di bidang seni  ini bisa berjalan. Ini menjadi satu perenungan bagi saya ketika diberikan kepercayaan untuk memimpin SMP Negeri 2 SoE.  Ada dua poin yang saya harus buat, pertama, terkait dengan pemanfaatan TIK dalam proses pembelajaran, kedua, terkait dengan bimbingan dan pengembangan karakter,” kata Kasek SMPN 2 SoE.

Berbicara tentang potensi pembelajaran itu, Kasek SMPN 2 SoE menguraikan dua hal. Pertama, tentang pengetahuan, dan kedua, tentang keterampilan. Karena itu, terkait dengan pengetahuan ini, para guru mengajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan sesuai dengan mata pelajaran yang ada. Tetapi ada satu poin penting lagi, yaitu keterampilan. Salah satu hal yang diangkat dalam kegiatan keterampilan adalah pembinaan karakter melalui seni.

Terkait dukungan dari para guru dan peserta didik di SMP Negeri 2 SoE, Boimau menyampaikan bahwa para guru dan peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut karena para guru bersama tim dari YASPENSI mendampingi anak – anak, baik kegiatan drumben, sendratari maupun paduan suara. Sedangkan, keterlibatan para peserta didik, difokuskan pada peserta didik kelas VII dan VIII. Sementara untuk kelas IX, tidak dilibatkan karena fokus giat belajar menghadapi ujian akhir.

Ia juga menyampaikan bahwa SMP Negeri 2 SoE ke depan akan mengembangkan program ‘Sabtu Ceria’ yang meliputi berbagai kegiatan, di antaranya pramuka, olahraga voli, futsal dan lainnya.

Ketua YASPENSI, Marianus Seong Ndewi, S.Pd., M.M. menyampaikan terima kasih kepada pihak SMP Negeri 2 SoE yang telah membangun kerja sama dengan pihak YASPENSI dalam rangka meningkatkan bakat dan minat, serta pengembangan karakter peserta didik.

“Terima kasih kepada pihak SMP Negeri 2 SoE yang telah membangun kerja sama dengan kami dari YASPENSI. Kami dari YASPENSI mengadakan pelatihan dan pendampingan, khususnya dalam pengembangan karakter melalui adalah salah satu spirit dari YASPENSI. Khususnya divisi seni, di YASPENSI sendiri ada tiga divisi, yaitu kepustakaan, seni, riset dan teknologi,” imbuh Marianus Ndewi.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada kepala sekolah, dewan guru, komite dan semua peserta didik yang mendukung program ini. Diupayakan agar seni mampu memengaruhi seluruh proses pendidikan dan pengembangan karakter anak.

Dalam melakukan pelatihan dan pendampingan ini, tutup Ndewi, akan dilakukan survei tentang program yang ada agar berdampak baik dan luas terhadap karakter siswa itu sendiri. (*)

Penulis (*/Daud Nubatonis)

Editor (+Herminus Halek)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *