“Ide Kreatif VBL” Kredit Mikro Merdeka Bank NTT Bantu UMKM Lembata

Loading

Lewoleba, Garda Indonesia | Terobosan luar biasa dilakukan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL), membangkitkan semangat dan harapan agar ekonomi masyarakat NTT menjadi lebih baik dan membebaskan masyarakat dari belenggu rentenir, maka Pemerintah Provinsi NTT bersama OJK Provinsi NTT dan Bank NTT mendesain suatu skema pembiayaan yang diberi nama Kredit Mikro Merdeka.

Merdeka dari bunga, merdeka dari agunan dan merdeka dari rentenir, sehingga  memudahkan para pelaku usaha mikro dalam memperoleh permodalan dengan mudah, murah dan cepat. Total penyerahan kredit mikro merdeka secara konsolidasi pada 23 (dua puluh tiga) kantor cabang Bank NTT Rp.14.091.012.500,- (empat belas miliar sembilan puluh satu juta dua belas ribu lima ratus rupiah) kepada 2.556 pelaku usaha.

Dalam kunjungan kerjanya pada hari pertama di daratan Flores, Gubernur VBL pun berkesempatan mengunjungi para pelaku UMKM binaan Bank NTT di Pasar Pada. Didampingi Bupati Lembata Thomas Langoday, Sekda NTT, Dirut Bank NTT Alex Riwu Kaho, VBL pun melihat langsung dan berbincang dengan para pelaku UMKM pada Kamis siang, 7 April 2022.

Sementara itu, Bank NTT kantor cabang Lewoleba telah menyalurkan kredit mikro merdeka mencakup 135 debitur sebesar Rp.697.000.000,- (enam ratus sembilan puluh tujuh juta rupiah). Dan untuk meningkatkan standar kuliner di Wisata Pantai Hadakewa, Bank NTT memberikan pelatihan untuk pengembangan SDM kepada 23 pegawai  café. Pelatihan tersebut meliputi cara pelayanan, pelatihan memasak, higienis, hingga penyajian/food plating yang dibimbing langsung oleh Chef JOJO dari Restoran Seafood Suka Ramai Kupang.

Selain itu, Desa Hadakewa Binaan Bank NTT, Juara II Festival Desa Binaan tahun 2021 memperoleh Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pembuatan MCK senilai 75 juta rupiah dari Bidang Kesehatan PT. Bank Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur. Penyerahan CSR ini sebagai wujud dukungan Bank NTT untuk  meningkatkan sarana dan prasarana pendukung di Desa Binaan Hadakewa. (*)

Sumber (*/tim media Bank NTT)

Editor (+roni banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *