Syuradikara Juara Umum Lomba Hardiknas Tahun 2022

Loading

Ende, Garda Indonesia | Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) diperingati pada tanggal 2 Mei setiap tahun, bertepatan dengan hari lahir Ki Hadjar Dewantara, pelopor pendidikan di Indonesia. Tahun 2022 ini, Pemerintah Kabupaten Ende melalui (MKKS) SMA/MA/SMAKN berpartisipasi memeriahkan peringatan ini dengan menyelenggarakan 7 (tujuh) jenis perlombaan seperti paduan suara, vokal solo, cipta dan baca puisi, karya tulis ilmiah, debat Bahasa Indonesia dan debat Bahasa Inggris.

Perlombaan ini dihelat pada tanggal 11— 12 April 2022. SMAK Syuradikara, SMAK Frateran Ndao dan SMAN 1 Ende, berperan menjadi tuan rumah dalam kegiatan lomba tersebut. Peserta yang berpartisipasi dalam perlombaan ini terdiri dari berbagai Sekolah Menengah Atas yang tersebar di Kabupaten Ende.

SMAK Syuradikara Ende juga berpartisipasi dengan mengirimkan lebih kurang 30-an siswa untuk mengikuti perlombaan yang mana 21 siswa mengikuti lomba paduan suara, 3 siswa mengikuti debat Bahasa Inggris, 3 siswa mengikuti debat Bahasa Indonesia, 1 siswa mengikuti cipta dan baca puisi, 1 Siswa mengikuti lomba karya tulis ilmiah, dan 2 siswa mengikuti vokal solo. Siswa-siswi ini terpilih setelah mengikuti dua kali seleksi penjaringan yang cukup ketat. Dan melalui proses pendampingan yang intens (JMS).

Imanuela Jeslyn Wenggo, Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah

SMA Katolik Syuradikara sukses mempertahankan gelar juara umum dengan total 3 cabang perlombaan mendapatkan juara 1 lomba debat Bahasa Inggris, paduan suara, dan karya tulis ilmiah. Juara 2 vokal solo putra, dan 2 piala juara harapan 1 dari cipta dan baca puisi dan debat Bahasa Indonesia.

Mewakili para guru dan pegawai, Kepala SMAK Syuradikara Pater Stefanus Sabon Aran, SVD menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas prestasi yang diraih oleh tim terbaik dari kampus Kuning Putih. “Proficiat kepada anak-anak dan guru pembimbing atas kerja kerasnya. Mereka sudah tampil all out dan menoreh prestasi yang membanggakan sekolah dan tentu saja sekolah memberi apresiasi untuk mereka. Terima kasih untuk anak-anak dan para guru pendamping,” ujarnya.

Meski sibuk ungkap Pater Stef (sapaan akrabnya, red), tapi mereka telah mendampingi anak-anak secara baik. Prestasi gemilang ini akan diumumkan kepada semua siswa saat masuk sekolah usai liburan Paskah, juga pemberian hadiah dari sekolah sebagai motivasi kepada siswa-siswi yang lain.

Debat Bahasa Inggris juara 1 diraih oleh Kristina Dian Rizkiyani, Dennysa Atirah dan Chandra Putra Permata Jaya

Senada, pembimbing paduan suara, Ibu Ansie Sare Ora mengungkapkan bahwa waktu latihan yang sangat singkat bertepatan dengan pelaksanaan tes penilaian tengah semester. Para peserta lomba dituntut harus pandai membagi waktu antara mengikuti lomba dan mengikuti tes.

“Berkat kerja keras dan peran serta dari semua pihak terutama guru pembimbing, pihak sekolah, orang tua serta siswa-siswi, tim kita berhasil mengukir prestasi,” ujar Ibu Ansie Sare Ora.

Perjuangan untuk mencapai kesuksesan itu butuh kerja keras. Orang harus memberikan keringat terbaik juga harus percaya diri akan bakat dan potensi dalam dirinya. Jangan sombong dengan prestasi yang diraih ini, harus terus belajar, rendah hati, jangan lupa bersyukur dan terus berdoa mohon Tuhan menuntun, melindungi serta memberkati perjuangan ke depan.(*)

Sumber (*/Tim Rumah Sastra Kune Bara Syuradikara)

Editor (+roni banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *