Tiba di Kota Pancasila, Ini Agenda Kerja Presiden Jokowi

Loading

Ende, Garda Indonesia | Presiden RI Joko Widodo tiba di Kabupaten Ende pada  Selasa, 31 Mei 2022. Presiden Jokowi berangkat menggunakan pesawat kepresidenan dari Bandara Internasional Udara Soekarno – Hatta Jakarta pukul 13.50 WIB dan tiba di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende pada pukul 17.50 WITA.

Usai tiba di Bandara H. Hasan Aroeboesman Ende, Presiden Jokowi disambut Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskosat dan Bupati Ende Djafar Ahmad, para pejabat lainnya di ruang tunggu utama VIP Bandara. Setelahnya, Presiden Jokowi menuju tempat peristirahatan di Hotel Grand Wisata Ende.

Kedatangan Jokowi di Kota Pancasila membuat antusias masyarakat yang tinggi untuk melihat langsung orang nomor satu di republik ini. Terlihat ribuan masyarakat Ende memadati Simpang Lima Kota Ende dan sepanjang jalan.

Kedatangan Presiden Jokowi bersama Ibu Iriana untuk menjadi Inspektur dalam upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila. Upacara tersebut akan dilaksanakan di Lapangan Pancasila Kota Ende pada Rabu, 1 Juni 2022 tepat pukul 08.00 WITA.

Sebelum menuju tempat upacara, Presiden Jokowi bakal mengunjungi rumah pengasingan Bung Karno di Jalan Perwira Kelurahan Kota Raja, Kecamatan Ende Utara. Seusai upacara, berdasarkan agenda yang diterima Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT, Presiden Jokowi direncanakan menuju ke Taman Perenungan Bung Karno dan disambut oleh Sejarawan Taman Perenungan Bung Karno.

Presiden Jokowi saat menyapa masyarakat Ende

Presiden Jokowi pun akan mengunjungi Rumah Adat Ende dan disambut Tokoh Adat dari 21 Kecamatan dan juga para Tokoh Agama. Di Rumah Adat Ende tersebut, Presiden Jokowi akan dianugerahi “Gelar Tua Adat Ende” oleh Bupati Ende serta penampilan tari adat dan pembuatan tenun ikat Ende.

Setelah itu, Presiden akan mengunjungi Pasar Mbongawani Kabupaten Ende dengan juga dilaksanakan penyerahan bantuan modal kerja (BMK) dan bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng kepada peserta program keluarga harapan (PKH), pedagang kaki lima, dan pedagang pasar.

Setelah meninjau Pasar Mbongawani Kabupaten Ende, Presiden akan meneruskan akan melakukan perjalanan ke Kabupaten Ngada menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU untuk kemudian meninjau Pasar Bobou dan Kampus Bambu Turutego Kabupaten Ngada.

Sementara itu, Sentis Mulu salah satu masyarakat Kota Ende mengatakan kedatangan Presiden Jokowi ini membuat masyarakat Ende merasa senang dan bangga atas kehadirannya berterima kasih kepada Presiden Jokowi yang datang di Kota Ende.

“Kami tentunya merasa senang atas kehadiran beliau sebagai orang nomor satu di negeri ini yang datang mengunjungi Kota Pancasila. Kesan saya, Bapak Presiden Jokowi adalah sosok yang benar-benar tulus dan bijak. Kami harapkan juga beliau bersama Pemprov NTT dan Pemkab Ende terus mendorong pembangunan terutama sektor pariwisata untuk terus menumbuhkan perekonomian di daerah ini,” ujar Sentis.

Hal yang sama juga diungkapkan Alfa Sawa, salah seorang masyarakat Ende yang turut bangga atas kehadiran Presiden Jokowi. “Saya sangat bangga sekali karena kehadiran Bapak Presiden ini memberikan spirit tersendiri bagi kami karena kita tahu bahwa beliau sangat memperhatikan pembangunan di wilayah Indonesia Timur salah satunya adalah Provinsi NTT dan juga Kabupaten Ende. Terima kasih Bapak Jokowi dan sukses untuk Upacara Peringatan Hari Pancasila besok,” kata Alfa.(*)

Sumber (*/Biro APim Setda NTT)

Editor (+roni banase)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *