Jangan Asal Beli, Ini Tips Pilih AC Agar Tak Boros

Loading

Saat ini sudah banyak jenis AC (Air Conditioner) yang beredar di pasaran, mulai dari merek, model dan harga yang beranekaragam. Namun memilih ac juga harus sesuai dengan kebutuhan Anda. Dimana kebutuhan AC saat ini meningkat di beberapa lokasi yang memiliki iklim panas sepanjang tahun. Sehingga memiliki AC meski dengan harga yang paling ekonomis juga tidak akan menjadi masalah. Namun Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum membeli AC.

Di mana saat ini sudah ada tips memilih AC yang bisa Anda pelajari sebelum membeli. Tips-tips ini harus Anda pikirkan jauh-jauh hari sebelum memastikan Anda benar-benar membutuhkan dan akan membeli AC. Anda perlu menentukan budget Anda terlebih dahulu sebelum membeli, pilih produk yang sudah terpercaya, nyaman digunakan, tidak bising, dan memiliki fitur yang lengkap.

Cara memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan

Memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan bisa membantu Anda lebih berhemat. Selain tidak berlebihan, tips memilih AC yang sesuai ini juga diterapkan supaya tidak boros listrik kedepannya. Berikut ini cara memilih AC yang sesuai dengan kebutuhan supaya tidak banyak mengeluarkan uang dan tidak boros listrik:

  1. Perhatikan ukuran ruangan

Tips memilih AC yang pertama yaitu memperhatikan ukuran ruangan yang akan dipasangkan AC. Terutama kekuatan daya atau ukuran PK dari AC tersebut. Untuk luas ruangan 18 meter persegi bisa menggunakan ukuran 1 PK.

Apabila ruangan Anda sempit maka jenis AC yang Anda butuhkan juga berbeda dengan ruangan yang luas. Untuk ruangan dengan ukuran lebih dari 36 meter persegi, Anda bisa menggunakan dua buah AC sekaligus atau dengan ukuran PK masing-masing yaitu 2 PK. Hal ini bisa membantu suhu ruangan di tempat Anda lebih sejuk dan segar maksimal. Memperkirakan ukuran ruangan ini bisa sangat membantu Anda memilih AC yang sesuai kebutuhan.

  1. Pilih yang sesuai dengan kapasitas listrik di rumah

Perhatikan kapasitas listrik di rumah Anda sebelum membeli AC. Di mana kapasitas listrik atau daya listrik rumah bisa menjadi penentu utama sebelum membeli AC. Jangan sampai Anda membeli AC dengan daya di atas kapasitas listrik rumah, hal ini bisa menyebabkan AC Anda tidak bisa menyala dengan baik, atau bisa membuat AC Anda rusak dan bahkan tidak bisa menyala karena melampaui batas daya listrik di rumah Anda. Jadi, jangan sampai menyesal sebelum membeli. Perhatikan baik-baik AC yang Anda beli.

Pilih AC dengan daya yang bersahabat, di mana dengan adanya AC yang hemat listrik bisa membantu Anda tetap hemat energi namun tetap bisa menikmati penyejuk ruangan yang sesuai keinginan Anda.

Bila perlu cari AC yang memiliki fitur otomatis, dimana saat suhu ruangan sudah diatur dingin sesuai keinginan Anda, maka AC akan mati dengan sendirinya. Namun saat suhu ruangan kembali ke awal, AC akan menyala kembali. Fitur otomatis ini bisa membantu Anda lebih berhemat dari AC lain pada umumnya.

  1. Upayakan sesuai dengan budget

Tips memilih AC berikutnya yaitu membeli AC yang sesuai budget dan sesuai dengan fitur dan fungsi yang Anda butuhkan. Jenis AC yang benar-benar bisa digunakan dengan maksimal. Selain itu AC yang memiliki nilai dan harga yang terjangkau.

Pilih AC yang memiliki desain sederhana, tidak ribet dan tahan lama, umumnya AC jenis ini bisa memiliki harga yang cukup ekonomis dan terjangkau. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan, tidak memaksakan membeli yang diinginkan sehingga bisa lebih hemat dan sesuai dengan budget Anda.

  1. Pilih AC sesuai tipe

Pada umumnya AC memiliki dua tipe yang dijual di pasaran. Ada AC dengan tipe standar atau tipe Watt yang rendah. Sedangkan tipe berikutnya yaitu tipe inverter atau AC dengan mekanisme kerja yang cukup keras.

Untuk Anda yang menginginkan AC sesuai kebutuhan supaya tidak boros dan memiliki ruangan yang tidak lebih dari 10 meter persegi Anda bisa menggunakan AC tipe standar, namun untuk ruangan yang luas dan penggunaannya lebih dari 6 jam maka Anda bisa menggunakan AC inverter. Pilih yang sesuai penggunaan dan sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda.

  1. Perhatikan garansi AC

Setiap brand AC memiliki masa garansi yang berbeda-beda. Cek apa saja suku cadang dan unit yang dijadikan garansi. Sehingga Anda bisa nyaman saat menggunakannya. Anda juga perlu mengetahui dan membaca dengan seksama syarat dan ketentuan dari garansi AC yang Anda beli sebelum menyesal.

Jangan sampai Anda sudah membeli, tidak memperhatikan ketentuan dan syarat garansi, kemudian perusahaan tidak menanggung unit yang tidak berfungsi di AC tersebut.

Jika Anda memiliki ruangan sekitar 10 meter persegi, Anda bisa membeli ac 1/2 pk yang bisa menyesuaikan suhu dengan luas ruangan Anda. Anda bisa mendapatkan AC dengan jenis PK yang berbagai macam di Blibli. Blibli menyediakan berbagai jenis AC dengan PK yang Anda inginkan, Anda juga bisa mencari berbagai merek dan model yang Anda cari sesuai dengan budget Anda.

AC terbaik, berkualitas dan original bisa Anda pilih hanya di Blibli, salah satu market place terbaik yang menyediakan berbagai macam AC berkualitas dan terlengkap. Anda bisa lebih mudah memilih tanpa harus datang langsung ke toko. Berbelanja puas dengan harga terjangkau di rumah saja hanya di Blibli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *