Breaking News
light_mode
Trending Tags
Beranda » Regional » “Minim Pengaduan” PLN ULP Kupang Diapresiasi Ombudsman NTT

“Minim Pengaduan” PLN ULP Kupang Diapresiasi Ombudsman NTT

  • account_circle Penulis
  • calendar_month Jum, 23 Mei 2025
  • visibility 4
  • comment 0 komentar
“Pemadaman bergilir dengan alasan perawatan jaringan terencana beberapa waktu lalu menimbulkan banyak protes karena mengganggu berbagai aktivitas. Bisa saja berkurangnya keluhan pelanggan terjadi karena PLN menyiapkan kanal-kanal pengaduan gangguan layanan yang mudah diakses” Darius Beda Daton.

 

Kupang | Kepala Ombudsman RI Perwakilan NTT, Darius Beda Daton menerima kunjungan Manager PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Area Kupang, Muhamad dan tim di ruang kerja pada Kamis, 22 Mei 2025 pukul 11.00 Wita.

Disampaikan Darius, kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan mendiskusikan berbagai hal terkait layanan PLN kepada pelanggan di area Kupang. Kepada tim PLN, Darius menyampaikan bahwa beberapa waktu terakhir ini, keluhan layanan PLN melalui Ombudsman NTT terus menurun.

“Namun, hal ini bukan berarti layanan PLN tanpa keluhan pelanggan,” tekan Darius.

Pemadaman bergilir, ungkap Darius, dengan alasan perawatan jaringan terencana beberapa waktu lalu menimbulkan banyak protes karena mengganggu berbagai aktivitas. Bisa saja berkurangnya keluhan pelanggan terjadi karena PLN menyiapkan kanal-kanal pengaduan gangguan layanan yang mudah diakses para pelanggan misalnya telepon 123, WhatsApp grup stakeholders PLN di semua kabupaten/kota dan loket pengaduan langsung di kantor PLN sehingga akses pengaduan pelanggan sangat mudah.

“Saya mengapresiasi kecepatan PLN merespons keluhan pelanggan yang disampaikan melalui Call Center PLN 123 dan WhatsApp grup stakeholders PLN sehingga keluhan pelanggan diselesaikan dengan cepat.

Layanan Call Center PLN 123, imbuh Darius, merupakan salah satu contoh model penanganan pengaduan (internal complain handling) terbaik yang dimiliki institusi publik. Model penanganan pengaduan 123 PLN telah dilengkapi dengan baku mutu waktu penanganan pengaduan dan alarm peringatan berwarna tertentu jika pengaduan belum tertangani.

Progres keluhan pelanggan melalui nomor tersebut, beber Darius, bisa dimonitor langsung Direktur Utama PLN dari kantor pusat melalui sistem. Dan pada beberapa keluhan pelanggan, manajer PLN melakukan kunjungan langsung ke rumah untuk silaturahmi dan menyampaikan permintaan maaf atas gangguan layanan.

“Kami berharap PLN ULP Kupang terus meningkatkan keandalan pelayanan kepada seluruh pelanggan sebagai wujud tanggung jawab menyediakan dan mendistribusikan tenaga listrik bagi kepentingan umum dan memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan serta menjadikan tenaga listrik sebagai pendorong kegiatan ekonomi Kota Kupang,” tandas Darius Beda Daton.(*)

Sumber (*/tim Ombudsman NTT)

 

  • Penulis: Penulis

Komentar (0)

Saat ini belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi

Rekomendasi Untuk Anda

  • Bamsoet Ajak Perguruan Tinggi Aktif Bahas Amandemen Terbatas UUD NRI 1945

    Bamsoet Ajak Perguruan Tinggi Aktif Bahas Amandemen Terbatas UUD NRI 1945

    • calendar_month Sel, 19 Nov 2019
    • account_circle Penulis
    • visibility 1
    • 0Komentar

    Depok, Garda Indonesia | Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak kampus sebagai institusi intelektual turut terlibat dalam pembahasan perubahan terbatas Undang-Undang Negara Republik Indonesia 1945 (UUD NRI 1945). Karenanya, MPR RI akan bekerja sama dengan berbagai kampus di Indonesia melakukan Focus Group Discussion (FGD) untuk mendapatkan masukan sekaligus brainstorming gagasan mengenai penataan wewenang dan […]

  • Natal di Dusun Kimbana, Romo Roni Fenat: Natal Itu Ungkapan Sukacita

    Natal di Dusun Kimbana, Romo Roni Fenat: Natal Itu Ungkapan Sukacita

    • calendar_month Jum, 25 Des 2020
    • account_circle Penulis
    • visibility 2
    • 0Komentar

    Belu-NTT, Garda Indonesia| Perayaan Natal di Kapela St. Yoseph, yang terletak di sebuah dusun kecil di Kimbana, Desa Bakustulama, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), berlangsung indah, marak dan meriah sembari menaati protokol  kesehatan Covid–19 dengan  jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan. Malam Natal yang dirayakan pada Kamis, 24 Desember […]

  • KemenPUPR  Tanggap Darurat Gempa & Tsunami di Palu dan Donggala

    KemenPUPR Tanggap Darurat Gempa & Tsunami di Palu dan Donggala

    • calendar_month Sel, 2 Okt 2018
    • account_circle Penulis
    • visibility 4
    • 0Komentar

    Palu,gardaindonesia.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) fokus terhadap empat strategi tanggap darurat, yakni membantu evakuasi korban, penyediaan prasarana sarana air bersih dan sanitasi, pembersihan kota dan pemulihan konektivitas. Keempat fokus dalam penanganan tanggap darurat bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah terus dimonitor pelaksanaannya oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. “Ketiadaan listrik mengakibatkan […]

  • Marak Jual Beli Surat Negatif Covid-19, Polri Pantau RS dan Lab Nakal

    Marak Jual Beli Surat Negatif Covid-19, Polri Pantau RS dan Lab Nakal

    • calendar_month Sab, 24 Apr 2021
    • account_circle Penulis
    • visibility 4
    • 0Komentar

    Jakarta, Garda Indonesia | Satgas Covid-19 mengeluarkan Adendum Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 selama Ramadan 1442 Hijriyah. Suat Edaran ini adalah mengatur pengetatan persyaratan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN). Pengetatan dilakukan dari mulai H-14 peniadaan mudik periode […]

  • KOLABORASI GLOBAL TRANSISI ENERGI! Gema Dirut PLN di Forum ASEAN

    KOLABORASI GLOBAL TRANSISI ENERGI! Gema Dirut PLN di Forum ASEAN

    • calendar_month Kam, 7 Sep 2023
    • account_circle Penulis
    • visibility 4
    • 0Komentar

    Jakarta, Garda Indonesia | PT PLN (Persero) terus memperkuat kolaborasi dengan komunitas energi dunia guna memastikan ketahanan energi nasional. Dalam ASEAN-Indo-Pacific Forum (AIPF), Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menyampaikan bahwa kolaborasi dalam transisi energi adalah kunci penting menyeimbangkan trilema energi, yaitu security, affordability,  dan sustainability. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengatakan AIPF […]

  • BP2LHK Kupang Teliti Pohon Faloak Sejak 2011, Kini; Hasilkan Teh Faloak

    BP2LHK Kupang Teliti Pohon Faloak Sejak 2011, Kini; Hasilkan Teh Faloak

    • calendar_month Sel, 26 Mar 2019
    • account_circle Penulis
    • visibility 0
    • 0Komentar

    Kupang-NTT, Garda Indonesia | Balai Penelitian dan Pengembangan Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BP2LHK) Kupang, Institusi yang berafiliasi dengan Badan Penelitian Pengembangan dan Inovasi (BLI) dan berada di bawah binaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia telah meneliti potensi dan manfaat dari Pohon Faloak (Sterculia quadrifida R.Br.) yang telah digunakan oleh masyarakat NTT secara turun temurun sebagai obat […]

expand_less