Kepala OJK NTT Akui Layanan Digital Bank NTT Sangat Bagus

Loading

Kupang, Garda Indonesia | Kepala Otoritas Jasa Keuangan Nusa Tenggara Timur (OJK NTT) Japarmen Manalu kepada awak media di sela sesi acara Ramai Skali Bank NTT pada Sabtu sore, 15 Oktober 2022; mengungkapkan bahwa saat ini penerapan sistem digitalisasi Bank NTT sangat bagus. Menurutnya, Bank NTT sebagai bank pelopor dan penggerak ekonomi masyarakat sudah menjalankan fungsinya dengan baik, dengan membuka akses keuangan yang lebih luas.

Beberapa terobosan seperti layanan digitalisasi dan Laku Pandai merupakan 2 (dua) hal yang sangat bagus dan cocok diterapkan di NTT. “Kenapa sangat bagus? Karena topografi NTT itu kan daerah kepulauan. Kalau membangun jaringan kantor, itu kan butuh investasi besar. Makanya digitalisasi ditambah dengan Laku Pandai sangat bagus dan cocok,” ujar Japarmen Manalu.

Ia menguraikan, Laku Pandai adalah layanan keuangan tanpa jaringan kantor dalam rangka inklusi. Layanan ini bisa menjangkau masyarakat yang berada di seluruh pelosok NTT. “Jadi kerja sama antara Bank NTT dan masyarakat pemodal, tanpa perlu membangun kantor dan tanpa membutuhkan pegawai. Kemarin saya lihat (Laku Pandai) di Rote itu sangat bagus,” ungkapnya.

Terpisah, Direktur Utama Bank NTT Harry Alexander Riwu Kaho dalam beberapa kesempatan menegaskan komitmennya untuk membangun sistem layanan yang serba digital di Bank NTT.

Sejak menjadi Direktur Utama Bank NTT pada Kamis, 22 Oktober 2020, pria yang akrab disapa Alex Riwu Kaho ini telah membangun sistem digital yang sangat berguna secara internal untuk Bank NTT, maupun secara eksternal untuk mendukung program-program strategis pemerintah daerah.

Di bawah kepemimpinannya, Bank NTT telah menjadi salah satu motor penggerak ekonomi dengan menghadirkan berbagai layanan cerdas, untuk membantu dan memudahkan masyarakat NTT. Salah satunya adalah sistem pembayaran pajak daerah secara online, yang akan berdampak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta CMS untuk memudahkan pemerintah daerah melaporkan penggunaan keuangan APBD maupun APBDes.

Terbaru, Bank NTT pun meluncurkan  sebuah aplikasi digital yang disebut B’Pung Petani untuk membantu pemerintah mengatasi inflasi maupun ancaman krisis pangan dunia. Aplikasi digital B’Pung Petani pun diapresiasi oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat. Ia bahkan menyebut B’Pung Petani sanggup memberikan daya tahan terhadap sektor perekonomian masyarakat NTT.

Kemudian secara internal, Bank NTT juga telah memiliki 2 (dua) kantor cabang yang disebut Smart Branch. Kedua kantor ini menerapkan sistem pelayanan secara digital. Penerapan Smart Branch meliputi penggunaan Mesin SBS dan Mesin Kios-K. Sistem ini memberikan kemudahan bagi nasabah untuk membuka nomor rekening dan pengajuan kredit secara mandiri. Smart Branch telah diterapkan di Kantor Cabang Khusus dan Kantor Cabang Utama Bank NTT.

Bank NTT pun telah memiliki mesin tarik setor tunai atau Cash Recycle Machine (CRM) di seluruh Kantor Cabang Bank NTT yang memudahkan nasabah melakukan tarik dan setor uang tanpa harus mengantre di loket

Kemudian, layanan Smart EDC, Agen Laku Pandai, Digital Agen (Di@ Bisa) dan Be Ju Bisa Bank NTT telah tersebar di seluruh pelosok NTT. Jumlah agen Bank NTT sudah mencapai lebih dari 7.000 orang. (*)

Sumber (*/tim/koranntt)

Foto : istimewa/Eman Krova

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *