PAUD Pelita Kasih Tuadale; Didirikan Hanya Berbekal Impian & Iman

86 Views

Kab.Kupang-NTT,gardaindonesia.id-Berdiri pada tanggal 27 Januari 2014; PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pelita Kasih Tuadale, menggunakan Gereja sebagai wadah belajar bagi anak-anak di Desa Lifuleo Kecamatan Kupang Barat Kabupaten Kupang Provinsi NTT. Kini, meski dengan bangunan darurat berupa 2 (dua) ruang kelas berukuran sekitar 3×4 meter dan belum memiliki Kantor, PAUD Pelita Kasih tetap bersemangat menjalankan pendidikan bagi anak-anak di Desa Lifuleo.

Berjarak 23 kilometer dari Kota Kupang; PAUD Pelita Kasih Tuadale berlokasi dekat dengan Obyek Wisata Danau Tuadale. PAUD Pelita Kasih Tuadale terbentuk dari Kurikulum Sekolah Minggu dengan Misi menjadikan generasi berkualitas dan mandiri, dan Visi melangkah bukan karena kekuatan sendiri namun karena Tuhan.

Pdt.Sheirly Amalo, Kepala PAUD Pelita Kasih Tuadale kepada media Ini (Minggu/12 Agustus 2018) saat Kunjungan Rotary Club Kupang TimorRaya menyampaikan, semula membangun PAUD dengan modal Impian dan Iman; Awalnya direncanakan bakal ditunjang oleh sebuah instansi namun tidak terealisasi.

Pdt. Sheirly juga menyampaikan hambatan-hambatan dalam mengelola dan menjalankan pendidikan anak usia dini di wilayah Tuadale:

Pertama, minimnya pemahaman orang tua tentang pendidikan; Seminggu 5 (lima) hari Sekolah, Anak-anak diantar oleh orang tua hanya 2-3 kali dalam seminggu dengan jarak tempuh berjalan kaki dari rumah ke sekolah mencapai 2–4 kilometer;

Kedua, faktor ekonomi Orang Tua Siswa PAUD Pelita Kasih Tuadale yang kebanyakan berprofesi sebagai Petani sehingga kesulitan membayar iuran yang telah ditetapkan bersama hanya sebesar Rp.5 ribu (lima ribu rupiah) per bulan;

Ketiga, minimnya Biaya Operasional PAUD (BOP) yang diperoleh dari Pemda Kab Kupang yang hanya berkisar Rp.7juta/tahun (terkadang tidak diperoleh); yang digunakan untuk keperluan sekolah termasuk honor guru.

Uniknya pola pendidikan PAUD Pelita Kasih Tuadale; Tidak membedakan anak normal dan berkebutuhan khusus (tuna daksa, tuna rungu), dan telah melaksanakan kurikulum 2013 (K13).

UNICEF telah mendonasikan alat-alat peraga dan pembangunan 1 (satu) unit Kamar Mandi senilai Rp.20juta (dua puluh juta rupiah).

Jika anda peduli terhadap pendidikan anak usia dini dan ingin memberikan donasi, dapat menghubungi Kepala PAUD Pelita Kasih Tuadale, Pdt.Sheirly Amalo No Hp/wa 082146511213. (+rb)