‘Interact Fortuna Kupang Goes To SMP Negeri 1’–Edukasi Pengabdian Sosial

163 Views

Kupang-NTT, gardaindonesia.id – Interact Fortuna Kupang sebagai bagian dari Organisasi Sosial Kemanusiaan Rotary Club berkesempatan melakukan edukasi untuk Siswa/siswi SMP Negeri 1 Kupang. Interact Fortuna dibawah asuhan Rotary Club Kupang TimorRaya terus berkreasi dan melakukan kegiatan positif, dalam pengembangan diri agar bermental tangguh, berkarakter unggul, dan berjiwa melayani. Interact adalah bentuk program Pembinaan dari Rotary Club untuk anak-anak dan remaja dari umur 12-18 tahun.

Dibawah asuhan Presiden Rotary Club Kupang TimorRaya, Ratnaningsri Hermawati yang akrab disapa Ratna Pongkapadang, Interact Fortuna Kupang terus melakukan kegiatan sosial kemanusiaan seperti edukasi bagi anak-anak di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Alak, menghibur dan mengedukasi anak-anak eks pengungsi Timor Leste di Noelbaki, membersihkan sampah di pantai, kunjungan ke beberapa panti asuhan, kegiatan Tanggap Bencana (Disasters Response), dan kegiatan positif lainnya.


Sabtu/29 September 2018 pukul 10.00—selesai, Interact Fortuna Kupang melakukan aksi perdana berupa kunjungan ke sekolah-sekolah di seputaran Kota Kupang. Dimulai dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Kupang; mengangkat tema “Interact Goes to School “, Interact berbagi pengalaman tentang semua aktivitas pengabdian sosial di usia remaja, memperkenalkan Organisasi Interact Fortuna Kupang, dan mengajak anak-anak SMPN 1 Kupang untuk bergabung untuk berbagi dan melayani.

Presiden Interact Fortuna Kupang Arif Pratama, mengatakan sejak terbentuk November 2017, Interact Fortuna terus berkarya, berbagi, dan melayani. “Dalam Interact, kami diajarkan punya hati untuk melayani. Kami diajarkan bersyukur dan berbagi dengan yang tidak mampu,“ ujar Arif.

“Kami mengunjungi Panti Asuhan, mengunjungi rumah disabilitas, belajar dan mengajarkan tanggap bencana, membersihkan pantai, dan kegiatan positif lainnya. Kami dapat mengasah softskill dan membuat orang lain tersenyum,“ungkap Presiden Interact Fortuna Kupang.

Secara terpisah, Plt Kepala SMP Negeri 1 Kupang Yuliana Manalor, S.Pd., kepada gardaindonesia.id merasa bersyukur dan senang atas kunjungan dari Interact Fortuna Kupang. “Saya Senang Interact Fortuna dapat memotivasi anak-anak untuk lebih giat belajar dan memahami pola tindakan positif, “ujar Yuliana Manalor.

Lebih lanjut, Plt Kepsek SMPN 1 Kupang berharap ada kelanjutan kerjasama antara Interact Fortuna Kupang dan SMP Negeri 1 Kupang. “Tergantung dari Rotary untuk kerjasama lanjutan. Kami siap jika ada kerjasama lanjutan,“ ucap Yuliana menutup percakapan dengan media daring gardaindonesia.id (+rb)