100 Persen Gardu Induk & Penyulang Listrik di Palu, Sigi dan Donggala Pulih

Loading

Palu,gardaindonesia.id – Seminggu pasca gempa yang mengguncang Donggala, Palu dan Sigi. PLN Berhasil memulihkan 45 penyulang dan 7 Gardu Induk. Selain itu PLN juga berhasil memperbaiki 1.192 Gardu Distribusi dan total 2.253 Gardu Distribusi yang rusak.

“Saat ini seluruh penyulang di Palu sebanyak 45 penyulang telah berhasil dipulihkan oleh tim gabungan PLN. Dari total 2.253 Gardu Distribusi, kami juga telah berhasil memulihkan 50% atau 1.192 Gardu Distribusi. Tercatat juga beban puncak pemakaian listrik pada siang hari ini di Palu dan sekitarnya mencapai 25,4 Megawatt (MW)”, ujar Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi Syamsul Huda, Senin/8 Oktober 2018.

Sebelumnya, PLN juga telah berhasil memperbaiki 7 Gardu Induk (GI) atau 100% GI yang ada di Palu, Donggala dan Sigi dimana seluruh GI tersebut kini telah kembali beroperasi.

“Hal ini tidak lepas dari kerja keras yang dilakukan oleh tim gabungan PLN untuk percepatan pemulihan listrik Palu, Donggala dan Sigi. Dengan keberhasilan ini maka secara sistem, pasokan listrik untuk Palu, Donggala dan Sigi sudah siap untuk kami suplai kembali. Saat ini kami tengah berfokus untuk secara bertahap memperbaiki jaringan listrik dan gardu distribusi lainnya yang terhubung langsung dengan pelanggan yang memang terdampak cukup parah akibat gempa”, tambah Huda.

Kerja keras PLN dalam upaya perbaikan kelistrikan di Sulteng juga diapresiasi warga, Zaman, warga kelurahan Lere merasakan dampak langsung dengan kembalinya aliran listrik PLN

“Daerah kami ini termasuk salah satu daerah yang terdekat dengan terjadinya tsunami. Warga tadinya takut untuk balik ke rumah karena gelap, sudah kaya kota mati. Alhamdulillah sekarang listrik udah menyala. Warga sudah banyak yang kembali lagi ke rumah. Terimakasih PLN”.ujar Zaman.

Dengan masuknya aliran listrik PLN di Sulteng pasca gempa ini, warga Palu sudah bisa memanfaatkan semaksimal mungkin terutama untuk penerangan dan aktivitas di malam hari. Dan diharapkan dengan pulihnya listrik baik Palu, Donggala maupun Sigi bisa segera recovery dan giat ekonomi bisa kembali bangkit. (*/Tim IMO)