Kodam IX/Udayana Gelar Bhakti Kesehatan & Hijaukan Bukit Lempuyang

82 Views

Karangasem-Bali, gardaindonesia.id | Menjelang peringatan Hari Juang Kartika yang tepatnya jatuh pada tanggal 15 Desember mendatang, Kodam IX/Udayana menyelenggarakan kegiatan Bhakti Sosial dan Karya Bhakti, (Selasa,11/12/18) di Dusun Purwayu, Desa Tri Buana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem Provinsi Bali.

Kapendam IX/Udayana, Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P, menyampaikan kegiatan Bhakti Sosial ini dilaksanakan dengan beberapa kegiatan antara lain, pengobatan umum, pemeriksaan dan pengobatan gigi, pemeriksaan mata, donor darah, tes IVA dan penyuluhan dengan materi Kesehatan, Medical Check Up, Narkoba serta sosialisasi Werving penerimaan anggota TNI, dipusatkan di lapangan parkir Pura Lempuyang.

Bhakti Sosial kesehatan ini mengerahkan tenaga kesehatan sekitar 50 orang lebih terdiri dari, dr. Spesialis, dr. Umum, dr.Gigi, Farmasi, Para Medis dan pendukung yang diambil dari satuan Kesdam IX/Udayana, Denkesyah Singaraja, Akademi Keperawatan Kesdam dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem.

Sementara untuk kegiatan Karya Bhakti dilaksanakan penanaman pohon dan pembersihan lingkungan di areal Pura Luhur Lempuyang dengan mengerahkan personel 2000 orang dari satuan jajaran Kodam IX/Udayana, Polres Karangasem, PMI, pelajar SMU/SMK Karangasem dan Masyarakat Desa Tri Buana, dengan menanam 2000 bibit pohon jenis Cempaka 1000 pohon dan Majegau 1000 pohon.

Adapun rangkaian kegiatannya diawali dengan acara seremonial di lapangan parkir Pura Lempuyang dipimpin oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P, dihadiri oleh para pejabat teras Kodam IX/Udayana, antara lain Kasdam IX/Udayana, Brigjen TNI Kasuri, Irdam IX/Udayana, Danrem 163/Wira Satya, Danrindam IX/Udayana, Kapok Sahli Pangdam, para Sahli Pangdam, Staf Khusus Pangdam, Asrendam IX/Udayana, para Asisten Kasdam, LO-AL LO-AU, para Komandan/Kabalak Kodam IX/Udayana, para pejabat Pemkab Karangasem, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Adat Desa Tri Buana.

Pada Kesempatan tersebut Pangdam IX/Udayana dalam sambutannya menyampaikan, pemilihan areal Pura Luhur Lempuyang ini sebagai sasaran penghijauan dan pembersihan tempat ibadah karena di areal ini sangat subur dan sering terjadi tanah longsor, dengan adanya penghijauan ini diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian lingkungan sehingga tidak mudah longsor dan sekaligus mempertahankan ketersediaan air bawah tanah di daerah ini.

Kemudian untuk jangka panjang dengan penghijauan ini, selain dapat menghambat terjadinya pemanasan global juga dapat menambah keindahan dan keasrian pemandangan di areal ini sebagai daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Karangasem.

Manfaat penanaman pohon ini memang tidak dapat dirasakan saat ini, tetapi dalam jangka panjang manfaatnya akan sangat terasa untuk kelestarian lingkungan dan sekaligus sudah mendukung program pemerintah dalam gerakan kampanye Indonesia Hijau Berseri, (bersih, sehat, rapi dan indah)

Selanjutnya selain penghijauan, kali ini juga dilaksanakan kegiatan Bhakti Sosial berupa Pengobatan Massal untuk membantu mengatasi permasalahan kesehatan yang dialami oleh masyarakat, untuk itu kepada masyarakat dihimbau agar dapat memanfaatkan momen ini dengan sebaik-baiknya, demikian ujar Pangdam.

Selesai Upacara, Pangdam IX/Udayana beserta rombongan meninjau pelaksanaan penyuluhan, donor darah, pelayanan kesehatan dan selanjutnya menuju tempat penanaman pohon di areal Pura Telaga Mas dan meninjau lokasi Karya Bhakti pembersihan lingkungan di areal Pura Luhur Lempuyang. (*)

Sumber berita (*/Tim IMO Bali)
Editor (+ rony banase)

(Visited 1 times, 1 visits today)