Bupati Maluku Tengah Ancam Pecat ASN Yang Tidak Loyal

245 Views

Maluku Tengah, Garda Indonesia | Bupati Maluku Tengah, H. Tuasikal Abua,SH., atas nama Undang-undang (UU) mengancam akan melakukan pemecatan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak loyal dan tidak disiplin dalam melaksanakan tugas.

Ancaman Tuasikal ini bukan saja kepada ASN eselon III, dan eselon IV tetapi juga kepada pejabat Esselon II atau Pimpinan OPD.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Tuasikal saat apel pagi ASN di lingkup Pemda Maluku Tengah (Malteng) pada Selasa, 11 Juni 2019 di pelataran Kantor Bupati.

Menurutnya, saat ini pemerintah mulai melakukan pembenahan terhadap birokrasi mulai dari pusat hingga di daerah.
“Bupati dalam melaksanakan berbagai kebijakan dan tindakan yang dilakukan sebagai upaya penegakan aturan berupa penegakan PP nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan juga UU nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara”, tegasnya.

Kendati demikian, penegakan aturan ini menurut Tuasikal bukan diberlakukan kepada ASN golongan I atau golongan II saja tetapi untuk semua ASN baik yang organik maupun non organik.

Bupati Maluku Tengah, H.Tuasikal Abua,SH.

Dalam tugas dan pelayanan, Seorang ASN, ucap Tuasikal harus mampu melaksanakan tugas sebaik mungkin dalam membangun daerah terutama dalam berbagai pelayanan baik kepada masyarakat maupun terhadap daerah.

“Saudara-saudara dalam melaksanakan tugas harus selalu disiplin dan peka terhadap tugas dan tanggung jawab yang di embankan karena keberhasilan pembangunan di daerah ini ada di pundak seluruh ASN”, tegas Tuasikal.

“Selain disiplin berdasarkan pada pada PP Nomor 53 tahun 2010 dan UU Nomor 5 tahun 2014 tentang ASN, saudara-saudara juga memiliki tanggung jawab yaitu melayani masyarakat dengan baik dan pelaksanaan tugas dan pelayanan pada setiap OPD harus di barengi dengan rasa loyalitas yang tinggi”, tambah Bupati Malteng

“Loyalitas sebagai bawahan kepada pimpinan baik pimpinan OPD maupun kepada kepala-kepala bidang dan sebaliknya dari pimpinan kepada bawahan. Kalau loyalitas ini dapat dilaksanakan dan saya yakin kalau semua tugas yang berat sekalipun dapat di laksanakan dengan baik dan akan berhasil”, ucap Tuasakil

Lanjutnya, Keberhasilan yang bisa dicapai pada semua OPD maka dipastikan bahwa daerah ini akan maju sesuai dengan apa yang diharapakan

“Saya akan selalu dan terus menerus melakukan pemantauan kepada semua ASN terhadap kinerja dan pelayanannya. Nantinya dalam tugas dan pelayanan apabila terdapat ASN yang tidak loyal dan malas, maka saya (Tuasikal) tidak akan segan-segan mengambil tindakan tegas hingga melakukan pemecatan”, pungkas Bupati Tuasikal. (*)

Sumber berita (*/Tim IMO Indonesia)
Editor (+rony banase)

(Visited 11 times, 1 visits today)