2.002 Mahasiswa FKIP Undana Ikut Pembekalan PPL

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Sebanyak 2.002 Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) II FKIP Undana Kupang mengikuti pembekalan PPL yang diselenggarakan Pusat Micro Teaching dan PPL, pada Senin, 5 Agustus 2019 bertempat di Aula Rektor Lama Undana.

Kepala Pusat Micro Teaching dan PPL Undana, Dr. Drs. Labu Djuli, M. Hum, kepada media Garda Indonesia mengatakan bahwa mahasiswa PPL II yang mengikuti pembekalan sudah dinyatakan layak untuk diterjunkan ke sekolah-sekolah mitra karena telah melalui beberapa tahapan penilaian.

“Mereka dinyatakan layak karena sudah mengikuti micro teaching dan dinyatakannya lulus”, ujar Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra itu.

Program micro teaching tersebut, lanjut Djuli, diadakan selama 3 (tiga) bulan, yang berlangsung di masing-masing jurusan. Dirinya menambahkan bahwa program tersebut biasanya dilaksanakan pada semester genap.

Selain itu, para mahasiswa PPL II sudah memenuhi jumlah SKS yang harus dipenuhi sebagai salah satu syarat yaitu sebanyak 110 SKS. Jelas Djuli, mahasiswa PPL II juga telah melunasi registrasi semester gasal tahun ajaran 2019/2020. Selain itu, mahasiswa PPL II telah berpartisipasi pada kegiatan jalan santai dan kerja bakti di lingkungan Undana pada tanggal 2 Agustus 2019 lalu.

Djuli menerangkan bahwa untuk PPL II periode ini melibatkan 95 sekolah Mitra yang terdiri dari TK dan untuk mahasiswa Pendidikan PAUD dan SD untuk mahasiswa PGSD. Ada pula SMP dan SMA, serta SMK untuk mahasiswa kejuruan. Sementara untuk mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah (PLS) akan ditempatkan di PKBM.

“PPL tahun ini juga melibatkan 197 dosen pembimbing dan 1.027 guru pamong”, jelas Djuli.

Dirinya menjelaskan bahwa program PPL II ini akan dilakukan selama 5 (lima) bulan, terhitung bulan Agustus—Desember 2019.

“Pelepasan mahasiswa PPL II tanggal 7 Agustus 2019 dan penarikan kembali minggu ketiga bulan Desember “, ujar Djuli.

Pembekalan yang berlangsung 1 (satu) hari diisi dengan 6 (enam) materi. Materi pertama tentang pendidikan karakter dibawakan oleh Rektor Undana Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M. Si., Ph.D., materi kedua Tugas dan Peran LP3M yang disajikan oleh Kepala LP3M Undana, Dr. Ir. S. P. Manongga, MS.

Sementara materi ketiga dibawakan oleh Prof. Mien Ratoe Oedjoe, M. Pd, tentang Mengembangkan Konsep Diri yang Positif dalam Pembelajaran. Selanjutnya, Prof. J. Bire, MA., M. Ed., Ph. D., membawakan materi Membangun Kemitraan dalam Pembelajaran.

Materi yang kelima dibawakan oleh Prof. Dr. I. G. B. Arjana, Ms., tentang Membangun Komunitas Pembelajar Ahli, dan materi yang terakhir tentang Pedoman PPL dibawakan oleh Kepala Pusat Micro teaching dan PPL Undana, Dr. Drs. Labu Djuli, M. Hum. (*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)