Korem 161/Wira Sakti Edukasi Empat Konsensus Berbangsa & Bernegara

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Korem 161/Wira Sakti memenuhi undangan Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera ( DPW PKS ) Provinsi NTT sebagai Pemateri dalam kegiatan Konsolidasi dan Pembekalan Struktur Anggota Legislatif Kab/Kota terpilih PKS se-Prov Nusa Tenggara Timur.

Materi tentang Empat Konsensus Berbangsa dan Bernegara serta Bela Negara ini diberikan kepada 41 peserta, termasuk 18 orang anggota legislatif terpilih PKS se-Prov NTT, pada Minggu, 15 September 2019 di Hotel Sahid Timore Kupang.

Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Syaiful Rahman, S.Sos yang diwakili oleh Kasiter Korem 161/Wira Sakti Letkol Inf Abdullah Jamali mengawali materinya dengan mengingatkan kembali bagaimana perjalanan sejarah dan dinamika Bangsa Indonesia dari masa ke masa.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, sehingga dalam sejarahnya, bangsa asing selalu berusaha menguasai Bangsa Indonesia. Wawasan Kebangsaan lahir bersamaan dengan perjuangan bangsa Indonesia untuk membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan. Dalam perkembangannya, perjuangan Bangsa Indonesia yang pada saat itu bersifat kedaerahan, ternyata tidak membawa hasil. Oleh karena itu diperlukan cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai warga suatu negara, akan diri dan lingkungannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang disebut dengan wawasan kebangsaan,” jelas Danrem 161/Wira Sakti

Lebih lanjut dijelaskan juga tentang nasionalisme yang telah dimiliki oleh para pendahulu kita. “Dalam perjalanan sejarah itu, maka timbullah gagasan dan sikap untuk memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan, termasuk harga diri bangsa, sekaligus menghormati bangsa lain, yang disebut dengan nasionalisme,” ungkap Danrem 161/Wira Sakti

Kemudian ditekankan pula pentingnya Empat Konsensus Berbangsa dan Bernegara serta Bela Negara dalam menghadapi Perang Proksi (Proxy War) untuk menjaga Keutuhan NKRI.

“Dalam menghadapi Proxy War kita harus senantiasa menjaga Keutuhan NKRI, Esensi yang harus senantiasa kita pedomani adalah Empat Konsensus Berbangsa dan Bernegara , yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” jelas Danrem 161/Wira Sakti.

Kemudian dilanjutkan bahwa bagaimana cara mempertahankan NKRI baik dari ancaman dalam negeri maupun luar negeri.

“Kita semua mesti memahami konsep tentang mempertahankan Keutuhan NKRI, salah satunya dengan semangat bela negara. Kita semua seluruh komponen bangsa wajib dalam bela negara, yang terdiri dari komponen utama, komponen cadangan dan komponen pendukung yang merupakan bagian dari Sistem Pertahanan Semesta,” jelas Danrem 161/Wira Sakti

Ketua DPW PKS Provinsi NTT Anwar Hajral, ST usai kegiatan ini menyampaikan terima kasih kepada Danrem 161/Wira Sakti yang telah berkenan memenuhi undangan kami sebagai Pemateri.

“Kami sangat berterima kasih kepada Danrem 161/Wira Sakti, yang telah memberikan pencerahan ini, untuk bekal kami kelak dikemudian hari, sebagai anggota legislatif dalam menjaga Keutuhan NKRI ” pungkasnya. (*)

Sumber berita (*/penrem161ws)
Editor (+rony banase)