Tiga Petinju NTT Mewakili Indonesia dalam Sea Games 2019 di Filipina

382 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | 3 (Tiga) petinju asal NTT akan mewakili Indonesia dalam Se Games ke -30 yang akan digelar pada 30 November—11 Desember di Filipina. Tiga orang petinju tersebut saat ini menjalani Pelatnas di Kupang bersama 11 petinju lainnya.

Tiga petinju NTT tersebut terdiri dari dua orang putra antara lain Lucky Hari yang akan bertanding pada kelas Bantam 56 Kg dan Libertus Gha kelas Walter Ringan 64 Kg. Sementara untuk putri, NTT mengirim Ernawati Ngongo di kelas Ringan 60 Kg.

Hermensen Ballo, salah satu pelatih tinju di Pelatnas saat ditemui di Hotel Sylvia Kupang, pada Kamis 31 Oktober 2019 mengatakan bahwa Pelatnas sudah dilakukan sejak bulan Maret lalu dan sudah melakoni 6 laga uji coba.

Laga uji coba yang sudah diikuti antara lain Kejuaraan Asia di Bangkok pada bulan April, dilanjutkan pada bulan Juni Kejuaraan di Cina, kemudian pada bulan Juni berlaga pada Piala Presiden Cup di Labuan Bajo.

“Di Piala Presiden kita dapat 4 emas”, ujar Hermensen.

Lanjutnya, tim Sea Games Indonesia cabang tinju juga mengikuti kejuaraan dunia di Rusia untuk Putra dan Putri. Kemudian di Ukraina meraih satu emas, satu perak dan satu perunggu. Serta yang terakhir mengikuti kejuaraan di Cina, tim tinju Sea Games meraih dua emas dan juga dua perak.

Hermensen menerangkan memasuki bulan ini, 14 petinju tersebut memasuki tahap persiapan pertandingan dengan melakukan sparing 3 kali dalam seminggu. Terkait target pada Sea Games kali ini, dijelaskannya bahwa Persatuan Tinju Amatir (Pertina) menargetkan dua emas pada pesta olahraga se -Asia Tenggara tersebut.

“Kita targetkan 2 emas, walaupun tuan rumah sangat kuat, persiapan mereka luar biasa, namun dengan enam kali try out, performa anak-anak semakin baik, harapannya pada saat pertandingan lebih baik lagi,” jelas Hermensen.

Sebelas orang petinju lainnya yang juga bergabung dalam tim tinju Sea Games 2019, terdiri dari 8 petinju putra yakni Kornelis Kwanggu Langu kelas layang 49 Kg asal Bali, Valentino Metia kelas Layang 49 Kg, Aldom Suguro kelas Terbang 52 Kg, Jill Mandagie kelas Bantam 56 Kg, ketiganya berasal dari DKI Jakarta.

Empat petinju putra lainnya yakni Farrand Papendang kelas Ringan 56 Kg asal Sulawesi Utara, Julio Bria kelas Ringan 60 Kg asal Provinsi Bali, Saputra Samada kelas Walter 69 Kg asal NTB dan Maikel Muskita asal Jawa Barat yang akan bertarung pada kelas Menengah 75 Kg.

Sementara 3 orang petinju putri tersebut antara lain Endang asal Provinsi NTB akan turun pada kelas Layang 48 Kg, Silpa Lau Ratu kelas Bantam 54 Kg asal Kalimantan Selatan dan petinju putri dari NTB Huswatun Hasanah akan berjuang pada kelas Ringan 60 Kg.

Selain Hermensen Ballo, pelatih lain pada Pelatnas tinju Sea Games 2019 yakni pelatih dari luar negeri, Barbarro Fernandez Jimenrz dari Cuba dan Kepala pelatih tim tinju Indonesia, Adi Swandana dari Provinsi Bali. Selain tiga pelatih tersebut, ada juga Dr. Jhony Lumba, S.Pd., M.Pd. sebagai Sport Conditioning. (*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)

(Visited 30 times, 1 visits today)