Ini 3 Pesan Rektor Unwira pada Lomba Musik Ansambel Prodi Pendidikan Musik

692 Views

Kupang-NTT, GardaIndonesia | Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang gelar Lomba Musik Ansambel antar SMA dan SMK Se–Kota Kupang di Taman Budaya Gerson Poyk pada Sabtu, 9 November 2019.

Dalam sambutannya, Rektor Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang, Pater Dr. Filipus Tulle, SVD sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang digelar oleh Prodi Pendidikan musik.

Ada 3 (tiga) hal yang disampaikan:

Pertama, Unwira bukan saja merayakan liburan dengan liburan tapi melakukan kegiatan besar dengan memperlombakan musik karena musik itu adalah alat, sarana, seni yang menjembatani semua manusia beragama apa saja. Betapa pentingnya musik , baik dinyanyikan secara pribadi maupun bersama-sama, didikan pun dengan alat musik, baik yang dimainkan secara pribadi , sendiri-sendiri, tapi juga secara bersama-sama dalam bentuk orkes ataupun dalam bentuk ansambel (*ansambel artinya bersama-sama) dan oleh sebab itu, atas nama pimpinan lembaga unwira sangat menghargai kegiatan ini, karena dengan mengadakan lomba dan mempertunjukkan berbagai kelompok pemusik kita menyalami sesama anak kerabat kita yang muslim dan muslimah yang merayakan pesta kelahiran Nabi hari ini (Maulid Nabi Muhammad SAW pada Sabtu, 9/11/2019);

Kedua, Musik yang seni, yang indah, yang menarik itu adalah bagian dari seluruh pendidikan manusia, pendidikan karakter terlebih karena apa yang terjadi dalam pendidikan musik ada seninya, seni itu bisa seni secara pribadi tapi bisa juga dipadukan bersama orang lain, latihan untuk berkolaborasi menjadi orkestra atau menjadi koor( paduan suara ), dan oleh sebab itu hari ini saya sangat bergembira dan mau menikmati, dan mau menyaksikan bagaimana peristiwa ini terjadi;

Ketiga, Unwira sangat mendukung program pendidikan musik. Oleh sebab itu ke depan, akan bekerja keras menambah dan melengkapi tenaga dosennya, melengkapi alat-alat musiknya.

Suasana pementasan SMK 3 Kupang pada Lomba Musik Ansambel Prodi Pendidikan Musik Unwira Kupang

Sementara itu, Ketua Program Studi Pendidikan Flora Ceunfin,S.Sn., M.Sn. menyampaikan bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan yang ketiga bertujuan untuk mendukung program pemerintah dengan mempersiapkan anak-anak SMA dan SMK dalam menghadapi lomba FLS2N baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Kegiatan yang dilakukan juga bermanfaat bagi mahasiswa-mahasiswi program studi pendidikan musik untuk mengaplikasikan ilmu yang didapat di kampus,” imbuhnya.

Flora menambahkan, sebanyak 10 peserta SMA dan SMK yang turut berpartisipasi dalam lomba musik ansambel dan lomba ini dijuarai oleh SMA Kristen Mercusuar Kupang.

Ia berharap kegiatan ini dapat membantu mahasiswa dan siswa siswi SMA dan SMK di Kota Kupang agar dapat menyalurkan talenta yang dimiliki di sekolah-sekolah yang ada. (*)

Penulis (*/Sandro Benu)
Editor (+rony banase)

(Visited 10 times, 1 visits today)