oleh

Peduli Lingkungan, Rotary Club Kupang Central Tanam Pohon di Taman Nostalgia

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan dan perwujudan dari salah satu program utama Rotary Club Kupang Central di bawah kepemimpinan Presiden Club, Ratna Pongkapadang, maka Rotary Club Kupang Central menyelenggarakan Program Penghijauan dengan tema “A Thousand Threes for Kupang”.

Kegiatan perdana penghijauan dimulai pada Sabtu, 7 Desember 2019 di area Taman Nostagia, diikuti oleh 52 peserta yang terdiri atas anggota Rotary, Interact (13—17 tahun) & Rotaract (18—29 tahun) dua club anak muda binaan Rotary Club Kupang Central) dan 1 (satu) relawan tamu dari US Peace Corps.

Interact Fortuna Kupang saat menanam pohon

Presiden Rotary Club Kupang Central, Ratna Pongkapadang menyampaikan beberapa jenis anakan pohon ditanam di Taman Nostalgia Kota Kupang, yang telah disiapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang.

“Hasil koordinasi kami yang dilakukan oleh Rotarian Sandra dengan Pemkot Kupang, diperoleh hasil berupa lahan di timur Tamnos yang ditanam beberapa jenis pohon seperti Tebebuya, Sengon, Palem, Mahoni dan Trembesi. Kegiatan ini akan terus dilaksanakan secara berkala hingga target 1.000 pohon tercapai,” terang Pres Ratna sapaan akrabnya.

Foto bersama Rotary Club Kupang Central, Interact dan Rotaract Fortuna Kupang usai melakukan penanaman pohon

Selain itu, ujar Pres Ratna, penanaman pohon di lokasi tersebut juga sebagai wadah edukasi bagi anak muda yang tergabung dalam Interact dan Rotaract. “Dengan mereka menanam pohon di lokasi tersebut mengajarkan kepada mereka bahwa mereka mempunyai andil membuat Kota Kupang lebih hijau dan berwarna,” ungkap Pres Ratna.

“Dan penanaman tahap kedua bakal dilaksanakan pada Sabtu, 14 Desember 2019 di Taman Nostalgia dan bakal ada penyiraman dan pemeliharaan secara reguler dengan melakukan reguler visit untuk pengecekan dan memastikan bahwa tanaman yang kita tanam bakal tumbuh dengan baik. Program ini sudah dimasukkan sebagai kegiatan Interact & Rotaract,” tandas Pres Ratna.

Pantauan media ini, aktivitas penanaman pohon dimulai pada pukul 16.00 WITA—selesai. Tampak para anggota Rotary Club Kupang Central yakni Rotarian Chander, Rotarian Rusly Mauboy, Rotarian Sandra, Rotarian Rony Banase, Rotarian Jess, dan para Interact dan Rotaract terlibat aktif menanam pohon dan memasang botol plastik bekas untuk proses menyiram anakan pohon dengan sistem infus.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)

News Feed