Penanaman Karakter Natal Anak TK Pniel Manulai II, Berbagi dengan Sesama

388 Views

Kota Kupang, Garda Indonesia | Pada Momen Natal Anak diajarkan untuk memaknai Natal bukan sebagai seremonial acara tahunan keagamaan saja tapi Natal yang sebenarnya ialah Menolong sesama dengan berbagi bingkisan (parcel) Natal.

Inilah yang dilakukan oleh anak-anak Taman Kanak (TK) Pniel Manulai II, Kecamatan Alak Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) sebelum puncak perayaan Natal, 25 Desember 2019.

Pose bersama Anak TK Pniel Manulai II sebelum menuju dan berbagi bingkisan Natal bagi kaum yang membutuhkan

Anak TK Pniel Manulai II melakukan kunjungan ke rumah para saudara mereka yang sangat membutuhkan uluran tangan dan bantuan dengan memberikan bingkisan Natal.

Kepala TK Pniel Manulai II, Samgar M Moeda,S.Pd., M.Pd. menyampaikan bahwa Natal 2019 mengusung tema Natal ‘Aku Mau Berbagi’, “Itulah yang menjadi landasan kegiatan Natal 2019 yang dilaksanakan oleh anak TK Pniel Manulai II,” jelasnya.

Penyerahan bingkisan Natal kepada kaum lanjut usia

Lanjutnya, “Yang kami lakukan ialah pembiasaan terstruktur, karena penanaman karakter ‘mau berbagi’ harus diajarkan dengan cara yang nyata bukan sebatas nasihat di dalam kelas”.

Dalam K-13 Paud, jelas Samgar, Penguatan Karakter lebih diutamakan dari Pengetahuan & Ketrampilan, Penanaman Nilai karakter dilakukan dengan 2 (dua) cara yakni Pembiasaan terstruktur dan Keteladanan

Menurut Samgar, orang tua sangat antusias karena hal ini jarang dilakukan dalam perayaan Natal oleh sekolah pada umumnya. “Dan menurut orang tua, anak-anak akan mengingat arti dari Natal kali ini hingga mereka dewasa,” ungkap Samgar.

“Ke depan sekolah akan menerapkan pendidikan berbasis keluarga atau Pendidikan Keluarga, di mana sekolah akan berkolaborasi dengan orang tua untuk mencapai kompetensi dasar yang akan berfokus pada penguatan pendidikan karakter,” tandas Kepala TK Pniel Manulai II.(*)

Penulis (*/Rudi Isu)
Editor (+rony banase)

(Visited 31 times, 1 visits today)