Universitas Muhammadiyah Kupang Lepas Tiga Orang Mahasiswa PGSD ke Malaysia

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Universitas Muhammadiyah Kupang (UMK) melepas 3 (tiga) mahasiswa untuk mengikuti KKNdik dan PPL Internasional di Kuala lumpur Malaysia. Ketiga orang mahasiswa tersebut merupakan mahasiswa Program Studi PGSD yang saat ini berada pada semester V dan VII.

Acara pelepasan dilaksanakan di ruang rapat lantai dua gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Kupang, dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Kupang, Dr. Zainur Wula, S.Pd.,M.Si, pada Senin, 13 Januari 2020.

Tiga Mahasiswa UMK akan berada di Malaysia hingga 13 Februari 2020 mendatang dan akan didampingi oleh 2 (dua) orang dosen. Tiga mahasiswa tersebut adalah Wahyuningsih Ridwan, Mahasiswa PGSD Semester VII, Nurul Istiqomah Sanusi, Mahasiswa PGSD Semester V, dan Nani Muliandani, Mahasiswa PGSD Semester V dan dosen yang mendampingi adalah Uslan, S.Pd., M.Si. Kaprodi PGSD UMK dan Julhidayat Mushan, S.P.d., M.Pd. Sekpro PGSD UMK.

Dalam sambutan sekaligus melepas tiga mahasiswa yang akan mengikuti KKNdik dan PPL Internasional di Kuala lumpur Malaysia, Rektor UMK, DR. Zainur Wula, S.Pd.,M.Si mengatakan bahwa di periode yang pertama tahun ini Universitas Muhammadiyah Kupang mengirim tiga orang dari program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan ke depan akan ada dari program studi lain.

“Kali ini kami mengirim tiga orang Srikandi kita yang mana kali ini dikirim dari prodi PGSD dan ke depan prodi-prodi yang lain,”ungkap Zainur.

Lanjutnya, KKNdik dan PPL Internasional ini merupakan salah satu terobosan baru bagi Universitas Muhammadiyah Kupang dengan berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Indonesia. “Jadi program PPL Internasional ini adalah langkah awal kerja sama kita dengan berbagai perguruan tinggi Muhammadiyah di Indonesia, “ungkapnya. Selain itu, ke depan akan disusul dengan Kuliah Kerja Nyata Internasional ke berbagai negara di Asia Tenggara.

“Ini akan disusul dengan kuliah Kerja Nyata Internasional yang akan kita kirim ke negara negara Asia Tenggara,” lanjutnya.

Zainur juga mengungkapkan bahwa Universitas Muhammadiyah Kupang ingin memperkenalkan kepada dunia bahwa Indonesia juga memiliki kemampuan dan dapat bersaing dengan negara lain.

“Itu semua dalam rangka kompetensi dasar karena kita ingin memperkenalkan bahwa Indonesia juga mempunyai kemampuan dan bisa bersaing dengan negara lainnya,”ungkapnya.

Selain pengiriman mahasiswa keluar negeri, Universitas Muhammadiyah Kupang akan membangun Kantor Urusan Internasional dan kantor tersebut akan bergerak dalam hubungan internasional dengan berbagai negara. “Ke depan Universitas Muhammadiyah Kupang akan membangun Kantor Urusan Internasional yang mana kantor ini berkaitan dengan hubungan internasional,” lanjutnya.

Selain itu, salah satu Dosen Pendamping Uslan S.Pd.,M.Si. yang juga adalah Kaprodi PGSD mengatakan keikutsertaan PGSD Muhammadiyah Kupang merupakan salah satu kerja sama dengan Asosiasi Program Studi PGSD Muhammadiyah Seluruh Indonesia.

“Waktu pertemuan di Persatuan Asosiasi Program Studi PGSD Muhammadiyah Seluruh Indonesia, menawarkan kerja sama khususnya PGSD Muhammadiyah dan inilah aplikasi dari kerja sama itu sehingga kami bisa mengirim tiga orang mahasiswa PGSD Untuk KKN di Malaysia,” ungkap Uslan.

Lanjutnya, para utusan mahasiswa PGSD Muhammadiyah Kupang, Selain KKN, akan mengajar di sekolah-sekolah Indonesia di Malaysia. “Di samping KKN mereka juga akan mengajar di sekolah-sekolah Indonesia yang ada di Kuala Lumpur selama kurang lebih empat belas hari di bawah naungan Pimpinan Cambang Istimewa Muhammadiyah Kuala Lumpur Malaysia,” ungkap Uslan.

Selain itu, tiga mahasiswa utusan PGSD Muhammadiyah Kupang akan membawa Tarian Ja’i di Kedutaan Besar Republik Indonesia dan di beberapa Universitas di Malaysia. “Mereka di sana akan menampilkan Tarian Ja’i di Kedutaan Besar Republik Indonesia, etase etase dan di Universitas Malaya Kuala Lumpur dan Islamic University of Malaya. Jadi mereka akan pentas Ja’i di sana,” tandas Uslan.(*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)