Plan International Dukung Kompetisi Olahraga Siswa Nasional di Aesesa

48 Views

Nagekeo, Garda Indonesia | KOSN (Kompetisi Olahraga Siswa Nasional) Sekolah Dasar Tahun 2020 menggantikan O2SN yang sudah 1 dasawarsa. Pada Selasa, 18 Februari 2020 dilaksanakan pembukaan kegiatan KOSN di SDI Marapokot Desa Marapokot Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dilaksanakan selama 4 hari (18—21 Februari 2020), KOSN Tahun 2020 diikuti oleh 7 (tujuh) gugus se-Kecamatan Aesesa yang mengusung tema “Membangun Karakter Unggul Melalui Kegiatan Olahraga”.

Yayasan Plan international Indonesia Program Implementasi Area Flores -Nagekeo mendukung kegiatan KOSN Kecamatan Aesesa dengan memberikan Piala Bergilir, Piala Tetap sejumlah mata lomba, dan hadiah berupa buku-buku serta air minum untuk atlet. Pemerintah Desa Marapokot pun turut memberikan dukungan.

Ketua Panitia KOSN Kecamatan Aesesa, Marianus Djari (juga Ketua Gugus 2 Aesesa dan Kepala SDK Stelamaris Danga) mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memupuk cinta tanah air, menumbuhkan hidup sehat dan minat olah raga siswa dan menjalin solidaritas di antara peserta didik.

Camat Aesesa Oskar Yoseph Amekae Sina, S.STP., M.Si. saat pembukaan KOSN pada Selasa, 18 Februari 2020, meminta agar panitia dapat menyelenggarakan kegiatan sebaik-baiknya. “Juri dan wasit, pimpinlah pertandingan dengan baik, pakailah ilmu yang dipelajari dalam menilai, memimpin pertandingan atau menjuri. Tanggalkan keterikatan dengan tiamnya sendiri dan bersikaplah profesional,” pintanya.

Selain itu, Camat Aesesa meminta para atlet untuk bertanding secara profesional dan menampilkan yang terbaik.

Hadir saat prosesi pembukaan KOSN, Kapolsek Aesesa, Para Kepala Desa se-Kecamatan Aesesa, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Tokoh Pendidikan.

Pihak yang terlibat dalam KOSN Kecamatan Aesesa 2020 yakni 238 orang atlet, 49 orang pelatih, official 7 orang, 38 kepala sekolah, dan 68 orang panitia. Sedangkan jenis lomba yang dihelat antara lain Catur, Tenis Meja, Bulu tangkis, Bola Kaki Mini, Bola Voli, dan Atletik.

Sumber berita dan foto (*/Jhon Orlando)
Editor (+rony banase)