Pemprov NTT Libatkan Media Jadi Juri Lomba Kebersihan Lingkup Instansi

396 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Dalam rangka memeriahkan HUT ke-75 Kemerdekaan RI, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Timur (NTT) melalui Biro Umum menghelat lomba kebersihan instansi yakni dinas atau badan, biro, dan unit pelaksana teknis (UPT) di lingkup pemerintahan provinsi.

Persiapan lomba kebersihan ditetapkan dalam rapat perdana pada Kamis, 10 Juli 2020 di ruang rapat Asisten Setda NTT dan dilanjutkan dengan rapat kedua pada Senin, 14 Juli 2020 pukul 10.00 WITA—selesai di ruang rapat Biro Umum Setda Provinsi NTT.

Plt. Karo Umum George Hadjo pada kesempatan tersebut, menyampaikan bahwa landasan dilaksanakan lomba kebersihan untuk menerjemahkan yang diimpikan oleh Gubernur NTT untuk membangun peradaban dimulai dari kebersihan.

“Kebersihan harus dimulai dari rumah kita yakni kantor kita sendiri, semua kantor di bawah kepemimpinan Gubernur NTT harus memiliki standarisasi kebersihan sama, sebelum melakukan intervensi terhadap masyarakat maupun kabupaten/kota,” ujar George Hadjo di hadapan tim juri lomba kebersihan dari unsur media cetak, elektronik, dan daring (online).

Adapun yang menjadi tim juri lomba kebersihan yakni Ketua dari Radio Republik Indonesia (RRI) Kupang, Sekretaris dari Harian Pagi Timor Express, dan anggota terdiri dari Harian Umum Pos Kupang, TVRI SPK Kupang, Harian Victory News, Radio Trilolok, dan Portal Berita Daring Garda Indonesia.

Menurut George, media harus menjadi mitra pemerintah dalam rangka membangun, mengedukasi dan mengubah perilaku masyarakat dalam mengelola kebersihan. “Karena kebersihan juga dapat membangun semangat kerja,” ucapnya.

Mengenai tahapan lomba kebersihan, George menguraikan penilaian terhadap organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov NTT pada 15 Juli—15 Agustus 2020 dan berharap setelah 15 Agustus 2020 minimal 2 (dua) tahun dapat berimplikasi terhadap kebersihan lingkungan kantor.

“Diharapkan, usai penilaian lomba kebersihan, para peserta dapat memberikan dampak,” tandasnya.

Pemenang lomba dibagi atas 3 (tiga) kategori yakni antar-dinas atau badan, antar-biro, dan antar-unit pelaksana teknis. Sementara, mengenai hadiah, para pemenang bakal memperoleh uang tunai dan seperangkat alat kebersihan.

Penulis, foto dan editor (+rony banase)