PPL 31 Mahasiswa FKIP Universitas San Pedro Tersebar di Kota & Kab. Kupang

254 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas San Pedro (UNISAP) melepas 31 orang mahasiswa dalam rangka praktik pengalaman lapangan (PPL). Para mahasiswa ini berasal dari 4 (empat) program studi yaitu Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Luar Biasa, dan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, dan akan tersebar di sekolah-sekolah yang berada di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang.

Para mahasiswa tersebut bakal melaksanakan PPL selama 3 (tiga) bulan yakni September—November 2020. Sebelum dilepas, mahasiswa terlibat dalam kegiatan pembekalan dan pelepasan yang berlangsung selama dua hari dan dihadiri oleh Dekan FKIP Timoteus Ajito, S.Pd., M.Pd. didampingi Wakil Dekan I Agnes O. Manek, S.S., M.Hum. dan seluruh Ketua Program Studi di lingkup FKIP UNISAP.

Kegiatan pertama dilaksanakan pembekalan selama sehari dengan materi Etika Profesi Keguruan dan Penggunaan Media Daring dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi. Pembekalan ini bertujuan membekali mahasiswa agar beretika baik dalam menjalankan tugas profesi keguruan dan menjaga nama baik Universitas San Pedro. Dibuka oleh Dekan FKIP Timoteus Ajito,S.Pd.,M.Pd. dalam sambutannya menyampaikan kepada mahasiswa calon guru bagaimana menguasai empat kompetensi utama sebagai seorang guru yang profesional yaitu: kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan kompetensi sosial.

Penyelamatan tanda pengenal (id card) oleh pihak fakultas dan universitas kepada 31 mahasiswa PPL Universitas San Pedro

Materi kedua terkait pembelajaran menggunakan media daring adalah untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa dalam mengelola media daring untuk membantu proses pembelajaran di sekolah selama masa pandemi.

Pada hari kedua dilaksanakan pelepasan mahasiswa PPL oleh Wakil Rektor I bidang Akademik Yohanes P.S.Bataona,S.Fil.,M.Pd. dalam sambutannya mewakili Rektor Universitas San Pedro, memberikan lima pesan kepada mahasiswa PPL di antaranya fokus pada misi yang dijalankan yaitu PPL, kedua memperhatikan 9 poin kode etik guru yang sudah didapatkan selama waktu pembekalan yakni menjaga kualitas diri selama PPL, membangun relasi yang baik pihak sekolah, orang tua siswa dan masyarakat sekitar sekolah dan menjaga nama baik almamater.

Kegiatan ini ditutup dengan penyematan kartu tanda pengenal (id card) dan pemberian buku pedoman oleh pihak universitas dan fakultas.(*)

Sumber berita dan foto (*/Humas FKIP UNISAP)
Editor (+rony banase)