Jelang Hari Dongeng, TBM Se-Dukuh Pakis Jaring Bibit Pendongeng via IGTV

235 Views

Surabaya, Garda Indonesia | Menjelang peringatan Hari Dongeng 28 November, Taman Bacaan Masyarakat (TBM) se- Kecamatan Dukuh Pakis Surabaya di Provinsi Jawa Timur mengadakan penyaringan untuk mencari bibit-bibit pendongeng guna disiapkan ke tingkat kota.

Antusiasme peserta terlihat pada kegiatan yang dihelat pada Rabu, 4 November 2020, dalam sesi penyaringan bibit pendongeng secara virtual tersebut. Peserta lomba sangat antusias sekali karena selalu bertanya-tanya dan tidak sabar untuk mengetahui pemenangnya, sehingga panitia sering dihubungi oleh peserta.

Sekitar 30 peserta yang mendaftarkan diri dan tersebar di sekitar wilayah Dukuh Pakis; akan diseleksi 19 besar, kemudian ditetapkan 5 besar untuk menggapai juara I, II, III, harapan 1, dan harapan 2.

“Sebelum diadakan pencarian bibit pendongeng, setiap peserta diberikan bekal contoh materi dongeng yang baik oleh Pendongeng Nasional, Kak Harris,” ucap Kholifah selaku panitia pelaksana sembari menyampaikan bahwa banyak sekali bibit, ragam, dan gaya mendongeng sehingga membuat dewan juri agak kesulitan menentukan pilihannya.

Dewan juri sedang melaksanakan penilaian

Novita Rully, salah satu juri dari Dinas Perpustakaan Kota Surabaya menjelaskan dalam kegiatan pemilihan bibit dongeng kali ini sangat luar biasa persiapan yang dilakukan oleh peserta di antaranya ada yang menggunakan peraga dongeng boneka, dan keyboard.

“Dalam dongeng yang dibawakan setiap siswa di berikan materi dongeng bebas asal dongeng ada di dalam buku cerita. Dalam pencarian bibit sendiri peserta dari anak SD. Dari lomba kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya karena di tahun ini kita menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan pencarian bibit dongeng dengan menggunakan virtual media sosial IGTV,” urai Novita.

Pada kesempatan lomba kali ini, imbuh Novita, siswa sudah menyiapkan sendiri dongeng dan peraganya, kemudian mengambil gambar sendiri. Setelah pengambilan gambar, peserta bisa meng-upload sendiri dongeng melalui IG (instagram, red) pribadi atau bisa dibantu kakak petugas wilayah untuk di-upload via IG petugas.

Dari hasil upload virtual dongeng IGTV, kemudian peserta menyerahkan link IG ke panitia untuk dinilai dewan juri. Pengumuman pemenang bisa dilihat di IG @tbmdukuhpakis pada Kamis, 5 November 2020 pukul 13.00 WIB. (*)

Sumber berita dan foto (*/tim)
Editor (+rony banase)

(Visited 49 times, 1 visits today)