Bulan K3 Nasional, PLN UPK Flores Edukasi Bahaya Listrik di Musim Hujan

196 Views

Maumere-NTT, Garda Indonesia | Setiap tahun, Indonesia memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada tanggal 12 Januari sampai dengan  12 Februari. Bulan K3 Nasional Tahun 2021 kali ini mengusung tema, “Penguatan Sumber Daya Manusia Yang Unggul Dan Berbudaya K3 Pada Semua Sektor Usaha”.

PLN UPK (Unit Pelaksana Pembangkitan) Flores, melakukan pembagian masker dan menyosialisasikan bahaya listrik di musim hujan kepada masyarakat di Pasar Alok-Maumere, pada Kamis, 10 Februari 2021.

Lambok Siregar, Manager PLN UPK Flores menyampaikan, memperingati Bulan K3 Nasional Tahun 2021, melakukan edukasi berupa sosialisasi pengamanan listrik di musim hujan dengan memberikan brosur dan menjelaskan secara lisan isi brosur sehingga masyarakat memahami bahaya listrik di musim hujan, dan melakukan upaya pencegahan bahaya listrik saat beraktivitas di musim hujan.

“Adapun perilaku yang perlu dilakukan agar terhindar dari bahaya listrik di musim hujan antara lain, memastikan semua peralatan listrik dalam kondisi layak pakai dan dalam kondisi kering, menghindari penumpukan stop kontak listrik, mencabut stop kontak listrik yang tidak dipakai. Apabila berada di daerah rawan banjir, pastikan tidak ada stop kontak listrik maupun peralatan elektronik berada di lantai,” ucapnya.

Petugas PLN UPK Flores saat membagikan masker kepada pedagang di Pasar Alok Maumere

Selain itu, PLN UPK Flores juga memberikan masker dan menjelaskan pentingnya menggunakan masker guna mencegah penyebaran Covid-19. “Ini juga bentuk kepedulian PLN UPK Flores dalam mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 dan keamanan aktivitas masyarakat dari bahaya listrik di musim hujan. Jadi tetap disiplin 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak) untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan semoga kita selalu sehat dalam beraktivitas,” tandasnya.

Salah satu warga Maumere, Ibu Inun, menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang dilakukan PLN untuk membantu warga terhindar dari penyebaran Covid-19 dengan membagi masker. “Selain itu dengan kegiatan sosialisasi bahaya listrik di musim hujan, kami lebih mengetahui dan memahami bahaya listrik di musim hujan sehingga kami dapat melakukan tindakan-tindakan yang aman dan terhindar dari bahaya listrik,” ucapnya seraya berterima kasih.

Apabila terjadi gangguan listrik, alasnya, agar segera lapor ke call center PLN (kode area)123 atau dengan aplikasi PLNMobile yang bisa diunduh dari Play Store atau Google Play.(*)

Sumber berita dan foto (*/Humas PLN UIW NTT)

Editor (+roni banase)

(Visited 70 times, 1 visits today)