Kominfo Belu & Undinus Semarang Kolaborasi Bentuk KIM Desa Naitimu

Loading

Belu–NTT, Garda Indonesia | Dinas Kominfo Kabupaten Belu melalui bidang Hubungan Media dan Sumber Daya, mendukung program pemerintah daerah guna mewujudkan salah satu rencana strategis (Renstra) di bidang informasi masyarakat tingkat desa.

Salah satu kegiatan strategis yang dilaksanakan Dinas Kominfo Belu berkolaborasi dengan Universitas Dian Nuswantoro (Undinus) Semarang menyerahkan papan nama (banner) sekretariat Kelompok Informasi Masyarakat (KIM)  yang didesain oleh mahasiswa-mahasiswi magang ke Desa Naitimu, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Kamis, 21 Oktober 2021.

“Penyerahan banner sekretariat ini sebagai tanda telah dibentuknya KIM di Desa Naitimu. Kita berharap, KIM menjadi agen yang dapat memberikan informasi secara berimbang, merata, cepat dan akurat bagi masyarakat Naitimu,” jelas Kabid Hubungan Media dan Sumber Daya, Dominikus Mali, S.Sos.

Kabid Dominikus menuturkan, bahwa ke depan, KIM berkolaborasi dengan teknologi literasi digital. Informasi – informasi terkait pemerintahan, pembangunan, sosial, budaya, dan pariwisata seputar wilayah Desa Naitimu akan diliput oleh tim KIM dan dipublikasikan pada website ‘laman’ desa dan disebarkan melalui media sosial agar diketahui publik.

“Teman – teman wartawan bisa bermitra dengan kelompok KIM untuk mendapatkan informasi seputar Desa Naitimu. Kami juga akan membantu menyebarluaskan informasi yang di-share oleh media–media online dan cetak ke kelompok KIM di 69 desa di Belu, sehingga masyarakat bisa memperoleh informasi secara lebih mudah dan cepat,” ungkap Kabid Domi Mali.

Adapun tujuan dan sasaran pembentukan KIM, yakni  meningkatkan pola pembinaan KIM sebagai wahana pembinaan SDM; meningkatkan koordinasi,  integrasi, dan sinkronisasi pembinaan KIM secara terpadu dengan instansi pemerintah/swasta dan lembaga organisasi lainnya; dan meningkatkan peranan KIM sebagai wahana penggerak partisipasi aktif masyarakat dalam hal penyampaian informasi dan aspirasi masyarakat secara terus–menerus dan berkesinambungan.

Kepala Desa Naitimu, Norbertus Moa menyambut baik pembentukan KIM dan bersedia berkolaborasi dengan Kominfo Belu demi peningkatan kualitas penghimpunan dan penggalian informasi dalam wilayah desa . Informasi yang dipublikasi kepada masyarakat lewat website desa dapat memenuhi unsur akurat.

Terkait honor anggota KIM Desa Naitimu, lanjut Nobert Moa, pihaknya akan berupaya mengagendakan sebagai salah satu materi musyawarah desa, kemudian dilanjutkan dengan tahapan asistensi anggaran.

“Kami segera revisi SK lama dengan terlebih dahulu merekrut ulang tenaga baru. Kami pastikan SK baru akan  diterbitkan pada pertengahan bulan November 2021. Kita akan perjuangkan honor bagi semua anggota KIM. Intinya, setiap anggota KIM pro aktif untuk bekerja,” tandas Kades Moa. (*)

Penulis + foto: (*/Herminus Halek)