Kementerian Pertahanan RI Diseminasi Bela Negara bagi Warga Perbatasan RI–RDTL

Loading

Belu–NTT, Garda Indonesia | Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI) diseminasi pembinaan kesadaran bela negara bagi masyarakat perbatasan wilayah Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) di aula gedung olahraga L.A. Bone Atambua pada Rabu, 3 November 2021.

Kegiatan dimaksud bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang nilai– nilai Pancasila, khusus bagi warga eks Timtim yang ada di wilayah perbatasan RI–RDTL Kabupaten Belu demi meningkatkan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kasubdit Linkim Ditbelanegara Ditjen Pothan, Kemenhan RI, Kolonel Adm. Amiruddin Laupe, S.Sos. M.M. mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan dengan memberikan piagam dan pin patriotisme kepada 11.000 warga eks Timtim yang memilih bergabung dengan NKRI mulai dari El Tari, Kabupaten Kupang, TTU, TTS dan Belu.

“Sosialisasi bela negara ini melibatkan sejumlah narasumber. Besok, perwakilan Menhan RI akan memberikan piagam penghargaan dan pin patriotisme kepada perwakilan 1500 orang yang akan hadir dari kabupaten masing–masing,” ungkap Kol. Amiruddin.

Para pemateri sosialisasi bela negara dari Kementerian Pertahanan RI

Kolonel Amiruddin menambahkan, kegiatan sosialisasi bela negara ini tidak hanya di Kabupaten Belu, tetapi diberikan juga kepada seluruh masyarakat di wilayah NTT, khususnya bagi warga negara yang ada di wilayah perbatasan guna membangkitkan kesadaran untuk mencintai NKRI.

“Saya sangat bersyukur bahwa para peserta ini sangat antusias dan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Diharapkan peserta juga dapat menambah nilai–nilai kecintaan terhadap bangsa Indonesia,” pungkas Amiruddin.

Para pemateri antara lain, pertama, Kasubdit Linkim Ditbelanegara Ditjen Pothan, Kemenhan RI, Kolonel Adm. Amiruddin Laupe, S.Sos., M.M. tentang Bela Negara dalam Sishankamrata (Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta), kedua, Kasat Resnarkoba Polres Belu, Iptu Samsul Ramadhan Arifin, S.H tentang Bahaya Narkoba dan Penanggulangannya, ketiga, Kabid  Hubungan Media dan Sumber Daya, Dinas Kominfo Belu, Dominikus Mali, S.Sos., tentang Bijak dan Cerdas Bermedia Sosial. (*)

Berita: (*/Kominfobelu – Asih Mukti)

Foto: Hiro Mones

Editor: Herminus Halek