“Jadi Insan Pengayoman” Harapan Merci Jone Terhadap Jajaran Kumham NTT

Loading

Kefa, Garda Indonesia | Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Merci Jone hadir dalam acara deklarasi janji kinerja dan penandatanganan komitmen bersama pelaksanaan zona integritas tahun 2022 oleh kepala rumah tahanan (Karutan) Kefamenanu, Antonio da Costa, para pejabat struktural, dan aparatur sipil negara (ASN) di Rutan Kelas IIB Kefamenanu, Timor Tengah Utara (TTU) pada Selasa, 25 Januari 2022 pukul 09.00 WITA.

Pencanangan ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama janji kinerja tahun 2022 antara Kepala UPT (Karutan Kefamenanu) dengan para pejabat struktural yang disaksikan langsung oleh Kakanwil Merci Jone. Selanjutnya dilakukan pembacaan deklarasi janji kinerja tahun 2022 oleh Karutan dan diikuti oleh seluruh ASN Rutan Kefamenanu.

Kakanwil Kumham NTT, Merci Jone menyampaikan bahwa pelaksanaan deklarasi janji kinerja dan penandatanganan janji kinerja bertujuan untuk mengukuhkan komitmen seluruh pegawai agar bekerja sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan, sekaligus sebagai alat kendali kinerja secara berjenjang guna memastikan seluruh sasaran dan target dapat tercapai dengan baik dan berkualitas.

Sementara, penandatanganan komitmen zona integritas, bertujuan untuk mengimplementasikan 6 (enam) area perubahan reformasi birokrasi dalam rangka menjaga dan merawat kinerja seluruh jajaran Kemenkumham dalam bingkai integritas, sehingga Indeks RB meningkat yang ditandai dengan peningkatan kualitas dan kuantitas wilayah bebas dari korupsi (WBK) atau wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

Sesuai tema besar tahun 2022, “Kita Tingkatkan Kinerja Kemenkumham Semakin PASTI dan Berakhlak Mendukung Program Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural” Merci Jone berharap melalui pelaksanaan deklarasi janji kinerja, seluruh jajaran Kemenkumham NTT dapat menjadi “Insan Pengayoman” yang semakin baik dari waktu ke waktu.

Merci Jone pun meminta seluruh jajaran di Rutan Kefamenanu melaksanakan janji kinerja yang telah dideklarasikan bersama dan mencapai target kinerja yang telah ditentukan dengan baik dan tepat sasaran. “Perencanaan yang didasari komitmen, konsistensi serta kerja keras tidak akan pernah mengkhianati hasil. Jaga kesehatan secara baik agar mampu berkinerja dengan baik pula. Karena hanya orang sehat yang mampu bekerja secara produktif,” tuturnya.

Kepala Rutan Kefamenanu menandatangani deklarasi janji kinerja disaksikan Kakanwil Merci Jone,

Disampaikan Kakanwil Merci Jone, pada tahun 2021, Rutan Kefamenanu belum lolos meraih WBK. Itu berarti masih ada hal-hal yang perlu dibenahi, diperbaiki, dan ditingkatkan, sehingga ia meminta agar semua anggota Pokja WBK yang akan dibentuk nanti harus melalui proses assessment, serta dapat mempelajari dan memahami secara baik dan benar setiap instrumen dalam 6 (enam) area perubahan.

“Tim yang telah dibentuk harus mampu bekerja dengan baik dan ciptakan inovasi-inovasi terbaik. Lakukan perubahan-perubahan positif secara terus-menerus. Tingkatkan kedisiplinan, dimulai dari masuk keluar kantor, pelaksanaan apel pagi dan siang/sore. Terapkan pemberian reward dan punishment kepada ASN secara jujur dan adil,” tegas Merci Jone.

Lebih lanjut, Kakanwil perempuan di lingkup Kemenkumham NTT ini juga  menegaskan juga agar memedomani kebijakan yang telah digariskan Presiden RI dan Menteri Hukum dan HAM serta rencana kerja yang ada dengan memperhatikan output, outcome dan timeline-nya, serta mematuhi rencana penyerapan anggaran dan realisasi hasilnya.

“Paham dengan benar tata nilai PASTI dan Ber-AKHLAK, serta implementasikan dengan maksimal jika ingin meraih WBK, bukan sekedar dijadikan jargon belaka. Bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan dan bebas dari penyimpangan,”  tegasnya.

Merci Jone mengimbau agar mempersiapkan langkah-langkah kontigensi menghadapi situasi kedaruratan dalam rangka antisipasi dan mitigasi terhadap faktor risiko pelaksanaan tugas dan fungsi (tusi) dan menyikapi perkembangan situasi terkini seperti bencana alam, perubahan cuaca ekstrem dan peristiwa menonjol.

Deklarasi janji kinerja, tandas Merci Jone, tak hanya seremonial. “Jadilah insan pengayoman yang berintegritas, berdedikasi tinggi dan jujur dalam melaksanakan tugas,” pintanya sembari berharap pada tahun 2022, Rutan Kefamenanu dapat menjadi salah satu satuan kerja yang mendapatkan predikat WBK/WBBM di jajaran Kemenkumham NTT. (*)

Sumber (*/Humas Kumham NTT)

Editor (+roni banase)