oleh

Kado Ultah V, Pena Batas RI-RDTL Masuk Program Inspirasi Indonesia

Belu, Garda Indonesia | Persatuan Jurnalis Belu Perbatasan (Pena Batas) RI-RDTL menjadi salah satu organisasi profesi wartawan di Indonesia yang masuk dalam program Inspirasi Indonesia. Program ini ditayangkan TVRI Nasional pada Kamis 16 Juni 2022, pukul 11.00 WIB. Penayangan program ini disaksikan sejumlah wartawan Pena Batas RI-RDTL di kediaman Andre Witak (Wartawan TVRI dan Teni Jenahas (Wartawan Pos Kupang) di Garbades, Kelurahan Beirafu.

Inspirasi Indonesia merupakan program eksklusif Televisi Republik Indonesia (TVRI) Nasional yang rutin disiarkan setiap bulan. Program ini mengangkat tema-tema menarik dan mengupas kisah-kisah inspirasi yang dilakukan oleh tokoh-tokoh, masyarakat, organisasi masyarakat, organisasi profesi, maupun instansi pemerintah.

Pena Batas RI-RDTL merupakan organisasi profesi wartawan di Kabupaten Belu yang dipilih oleh redaksi TVRI untuk masuk dalam program Inspirasi Indonesia. Pemilihan Pena Batas RI-RDTL dalam program ini melalui sejumlah tahapan pengamatan dan survei yang dilakukan redaksi TVRI serta memenuhi kriteria yang ditetapkan redaksi TVRI.

Ketua Tim Peliputan dari TVRI, Baby Nailius ketika bertemu awal dengan para wartawan Pena Batas di Atambua beberapa waktu lalu mengatakan, Pena Batas RI-RDTL merupakan organisasi wartawan yang menyimpan sejumlah inspirasi dan menarik untuk dikupas lebih mendalam.

Katanya, beberapa referensi awal TVRI tentang Pena Batas RI-RDTL antara lain kekompakan, sering melakukan kegiatan sosial di luar tugas jurnalistik, menjaga integritas, membangun sinergitas dengan semua stakeholder di wilayah perbatasan, memperjuangkan hak-hak wartawan dan yang tak kalah penting adalah memainkan perannya dalam menjaga keutuhan NKRI. Pena Batas sebagai penjaga batas karena ia ada di batas.

Tandas Baby Nailius, Pena Batas RI-RDTL benar-benar memaknai visi misi organisasinya dengan baik dan mengimplementasikan tagline lewat karya jurnalistik yang berkualitas dan menginspirasi, “Jangan Pernah Berhenti Memberi Arti. Dari Tepian Negeri Untuk Kemajuan Indonesia”.

Ketua Pena Batas RI-RDTL, Mariano Parada melalui Sekretaris Pena Batas, Teni M. Jenahas menyampaikan ucapan terima kasih kepada TVRI yang telah memilih Pena Batas RI-RDTL dalam mengisi program Inspirasi Indonesia.

Teni yang juga wartawan Pos Kupang ini menyampaikan terima kasih kepada anggota Pena Batas yang sudah berpartisipasi dalam program Inspirasi Indonesia melalui kegiatan liputan. Ucapan senada diberikan kepada Kepala Imigrasi Atambua bersama jajaran, Kepala PLBN Motaain bersama jajaran serta Ibu Agnes yang selalu mendukung tim Pena Batas RI-RDTL setiap kegiatan dan semua pihak yang turut mendukung program ini dengan caranya masing-masing.

Tambah Teni, penayangan program Inspirasi Indonesia, Kamis 16 Juni 2022 pukul 11.00 WITA merupakan kado terindah bagi Pena Batas RI-RDTL karena sehari setelahnya, tepat tanggal 17 Juni 2022 Pena Batas merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-5.

“Saya merasa ini sebuah kado terindah buat Pena Batas RI-RDTL karena tanggal penayangan program Inspirasi Indonesia ini bertepatan dengan persiapan kita merayakan hari ulang tahun ke-5 Pena Batas RI-RDTL, tepatnya besok 17 Juni 2022”, ungkap Teni sambil tersenyum.

Penasihat Pena Batas RI-RDTL, Yansen Bau juga mengucapkan terima kasih kepada TVRI yang telah mengupas lebih mendalam tentang nilai-nilai keorganisasian yang dipertahankan oleh Pena Batas selama ini. Kiranya hal baik dari Pena Batas RI-RDTL yang sudah diangkat TVRI bisa dijadikan inspirasi bagi sesama organisasi profesi wartawan di Indonesia, khususnya di NTT. (*)

Sumber : Tim Pena Batas RI-RDTL

Foto: Dokumentasi Pena Batas RI-RDTL

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed