Program Iptek Bagi Produk Ekspor (IbPE) Politeknik Negeri Kupang Untuk UKM Nice Handycraft

158 Views

Kota Kupang, gardaindonesia.id – Program Iptek Bagi Produk Ekspor (IbPE) Kerajinan Tangan (Handycraft) berbahan limbah perca kain tenun ikat merupahkan pengabdian masyarakat dengan skema Iptek sebagai Produk Ekspor dari Kemenristek Dikti melalui Politeknik Negeri Kupang dibawah Pengawasan Tim Pelaksana Jurusan Teknik Elektro.
Ketua Tim Pelaksana Petrisia Widyasari Sudarmadji, S.Kom, M.Si dengan anggota tim, Rocky Yefrenes Dillak, ST, M.Cs, Jandry Ratukadja, SE, M.Si, dan Mevi Lilly, A.md

Petrisia Widyasari kepada beritaflobamora.com menjelaskan bahwa program Ini telah berjalan dan hari ini, Jumat/8 Mei 2018, dilakukan penyerahan 12 (item) barang inventaris berupa papan nama UKM, Mesin Jahit Portable, Rak Showroom, Meja Kerja, Logo Merk Produk, Kemasan Produk, Walpaper Tembok, Cat Tembok, Triplek, Seng, Taekwood dan Paku Seng.
12 item barang inventaris diserahkan oleh Ketua Tim, Petrisia Widyasari kepada Pemilik Nice Handycraft, Nining Estiningsih,S.Sos

Jelas Wietha panggilan akrab Petrisia Widyasari, “Penyerahan inventaris kepada Nice Handycraft untuk Perbaikan fasilitas penunjang dengan pengadaan peralatan produksi “.

“Kami punya goal 2 (tahun) Kedepan, Produk Ini tidak hanya dipasarkan di TransMart dan Hypermart namun bisa juga dipasarkan di Bandara El Tari “, jelas Wietha.

“Harapan Kami Produk Ini (Nice Handycraft) bisa diekspor, minimal ke Timor Leste “, tandas Wietha.

Nining Estiningsih saat menerima barang inventaris meyampaikan Terima Kasih Karena selama Ini tidak pernah mendapat Bantuan Seperti ini.

“Saya berpikir bantuannya sangat lengkap dari pemasaran hingga ekspor “, tandas Nining

Kami sangat berterima Kasih dan berharap Kedepan Program pemasaran dengan sistem IT (e-commerce) dapat berjalan.

Mengenai pemasaran Produk limbah perca tenun ikat, Wietha berharap akan dikelola oleh Karyawan Nice Handycraft berbasis IT (E-commerce) dan dibuatkan Aplikasi yang dapat didownload di AppStore dan PlayStore. Sehingga masyarakat dapat membeli secara online tetapi dengan Produk unik dari perca Kain tenun Ikat.

Perlu diketahui, Program IbPE merupahkan Program Multi Years (selama 3 tahun) yangmana di tahun pertama, Tim pelaksana fokus pada solusi dan hasil pada faktor produksi dan fasilitas berupa: Pembinaan dan pembimbingan terhadap Proses dan metode produksi agar Lebih efektif, desain tata letak dan fasilitas kerja menjadi lebih teratur, Perbaikan fasilitas penunjang dengan pengadaan peralatan produksi, Perbaikan model pengepakan/kemasan Produk menjadi lebih menarik, berkualitas sehingga mampu meningkatkan daya saing penjualan. (*/dure)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *