300 Kantong Darah, Stok Aman & Harus Tersedia Tiap Hari untuk PMI & Rumah Sakit

182 Views

Kupang-NTT, gardaindonesia.id – Palang Merah Indonesia (PMI) melalui UPTD Unit Transfusi Darah Provinsi NTT selalu mengupayakan untuk menyediakan stok 300 (tiga ratus) kantong darah bagi kebutuhan PMI dan sekitar 20 (dua puluh) Rumah Sakit yang ada di Kota Kupang.

Kepala unit Transfusi Darah PMI NTT, dr Samson Ehe Teron menyampaikan kepada gardaindonesia saat kegiatan Donor Darah yang digagas oleh Tupperware Distributor NTT, Jumat/27 Juli 2018,kebutuhan untuk Kupang dan sekitarnya sebanyak 60 (enam puluh) kantong darah setiap hari.

“Jadi setiap hari saya harus mencari darah yang cukup untuk 5 (lima) hari kedepan “, jelas dr Samson.

Lanjut dr Samson, “Agar aman, stok darah harus tersedia sebanyak 300 (tiga ratus) kantong tiap hari untuk kebutuhan 20 (dua puluh) Rumah Sakit dan PMI“, terang dr Samson.

Selain lewat Kegiatan Donor Darah yang bersifat insidentil, PMI unit Transfusi Darah NTT mempunyai 18 ribu pendonor sukarela rutin dan yang selalu di ingatkan untuk mendonorkan darah melalui posting SMS (Short Massange Service).

“Biasanya di posting untuk seribu orang per wilayah kecamatan. Sesudah posting, biasanya sekitar 20-30 orang datang untuk mendonorkan darah “,ungkap dr Samson.

“Posting sms juga dilakukan saat ulang tahun atau sudah waktu untuk mendonorkan darah “, terangnya.

Dr Samson juga bersyukur dengan adanya Grup Whatsapp “Darurat Donor Darah NTT “, yang sangat membantu kebutuhan darah di Rumah Sakit, Grup tersebut selalu memposting untuk mencukupi dan memenuhi kebutuhan darah. (+rb)