Walikota Kupang: “Tanam Pohon.. Iya!, Tebang Pohon.. Tidak Boleh!

134 Views

Kota Kupang, gardaindonesia.id – Pohon yang berada di perkotaan mampu membersihkan udara dari partikulat kotor, sehingga bisa menyelamatkan satu kehidupan per tahun di tiap kotanya (Penelitian dari Davey Institute dan Departemen Kehutanan AS). Disamping itu Fungsi pohon untuk menyediakan air bersih, menurunkan pencemaran udara (sebuah pohon dapat menyerap sebanyak 48 ton karbondioksida per tahun), menyehatkan mental dan mengendalikan suhu dan kelembaban karena dengan menanam pohon berarti mengurangi terciptanya konsentrasi panas yang berlebihan akibat dari polusi udara.

Menyadari manfaat dari pohon di perkotaan; Pemerintah Kota Kupang mencanangkan penanaman 40 ribu pohon di seputaran Kota Kupang yang terdiri dari 10 ribu pohon jenis trambesi, 10 ribu pohon kelor, 10 ribu pohon flamboyan/sepe, dan 10 ribu pohon ketapang kencana.

Walikota Kupang Dr Jefritson Riwu Kore dijumpai gardaindonesia.id usai pelantikan dan pengukuhkan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Kota Kupang di Ballroom Hotel Swissbel In Kristal Kupang, Kamis/27 September 2018, menyampaikan bahwa sejak lama dicanangkan untuk penanaman pohon tersebut dengan mengutamakan spot lokasi di seputaran Kota Kupang.

“Kita anggarkan pengadaan pohon trambesi, pohon kelor sesuai arahan Pak Gubernur, Pohon Sepe sebagai Ikon kota, dan pohon ketapang kencana masing-masing 10 ribu pohon. Sudah ada perencanaan titik tanam,“ ujar Walikota Kupang

Sambung Walikota Jefry, Kita utamakan Pohon Trambesi yang berukuran 2 (dua) meter di jalan-jalan seputaran Kota Kupang. “Cuma, anggaran belum disetujui oleh teman-teman Dewan,“ ungkap Walikota.

Terkait larangan untuk memotong pohon, Walikota Jefry menyampaikan, Kita menghimbau kawan-kawan (DPRD Kota Kupang-red) membuat Perda Potong Pohon. “Di Kota Kupang panas dan masih banyak masyarakat potong pohon untuk makanan hewan. Jadi kawan-kawan harus bikin perda seperti itu,“ pungkas Walikota Jefry.

Terpisah, Kadis Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang Obed Kadji saat Ditemui media ini, Jumat/28 September 2018 pukul 14.30 wita di Kantor Obseravasi Lingkungan Hidup Kota Kupang-Kelurahan Perumnas mengatakan bahwa sedang dilakukan pemetaan lokasi penanaman 4 (empat) jenis pohon tersebut (Trambesi,Kelor, Sepe, dan Ketapang Kencana).

“Ya, kami sedang lakukan pemetaan. Stok pohon yang sekarang tersedia yakni jenis flamboyan/sepe dan kelor,“ ujar Obed Kadji. (+rb)