Sekadar Ambil Formulir – ‘Cukup Browsing e-BISA Dukcapil’

141 Views

Kota Kupang, gardaindonesia.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang membuat terobosan taktis berupa website untuk mempermudah penduduk kota memperoleh formulir seperti formulir kelahiran, kematian, perkawinan, dan perceraian; juga dapat melihat list/daftar nama penduduk yang belum mengambil KTP elektronik (e-KTP).

Cukup dengan melakukan browsing (menjelajahi) Internet melalui Google atau mesin pencarian lainnya di internet, Kita dapat mengakses e-BISA Dukcapil dari smartphone /gadget (gawai), dapat diakses dari tempat kerja atau dari rumah dengan berbekal jaringan internet. Pembuatan e-BISA Dukcapil untuk mendukung salah satu misi Walikota dan Wakil Walikota Kupang yaitu Kota Kupang sebagai Kota Pintar (Smart City), yang tertuang dalam RPJMD 2017 – 2022.

Kadis Dispendukcapil Kota Kupang, David Mangi melalui Kabid PIAK (Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan), Angela Tamo Inya,S.IP. kepada gardaindonesia.id menyampaikan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kupang melakukan inovasi dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan aplikasi e-BISA Dukcapil.

“Dengan aplikasi e-BISA Dukcapil, masyarakat dapat melakukan registrasi permohonan secara online,“ ujar Kabid PIAK Dispendukcapil Kota Kupang, Angela Tamo Inya,S.IP., Kamis/4 Oktober 2018.

Sambung Enjel sapaan akrab Angela Tamo Inya,S.IP., Selain itu, e-BISA Dukcapil juga memudahkan masyarakat untuk mengunduh sejumlah formulir yang dibutuhkan dalam proses pengurusan hingga regulasi yang menjadi dasar aturannya.

“Harapan kami, dengan Ketersediaan Form Konsultasi/Pengaduan diharapkan dapat membantu warga masyarakat yang masih kebingungan dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut terkait dengan kegiatan pelayanan kependudukan dan pencatatan sipil di Kota Kupang,“sebutnya.

“Masyarakat juga dapat melaporkan adanya indikasi kecurangan dalam layanan,“ ungkap Enjel.

Lebih lanjut enjel menyampaikan, ‘Kiranya e-BISA Dukcapil dapat memberikan manfaat baik secara internal maupun eksternal, untuk peningkatan mutu pelayanan yang lebih baik ke depannya. “Kami berharap adanya kritik dan saran yang sifatnya Membangun demi peningkatan mutu aplikasi ini di waktu yang akan datang,“ katanya menutup percakapan dengan gardaindonesia.id (+rb)