PKBM Bintang Flobamora Masuk Nominasi dalam RNPK 2019

372 Views

Depok-Jabar, gardaindonesia.id | Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bintang Flobamora asal Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur masuk nominasi dalam Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 sebagai PKBM yang bergerak dalam pengembangan Sumber daya Manusia (SDM) Dunia Usaha dan Dunia Industri.

Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berlangsung selama 4 hari, mulai tanggal 11—14 Februari 2019, di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemendikbud, Bojongsari, Depok, Jawa Barat.

Acara ini bertujuan membangun sinergi antara seluruh pemangku kepentingan pendidikan dan kebudayaan, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, dan masyarakat. Rencananya, RNPK akan dibuka Presiden RI Joko Widodo pada Selasa (12/2/2019).

Baca juga:

https://gardaindonesia.id/2019/02/09/pkbm-bintang-flobamora-cetak-lulusan-berkualitas-berdaya-saing/

Ketua PKBM Bintang Flobamora Kota Kupang, Polikarpus Do saat dihubungi media ini, Senin/11/2/2019 di sela-sela kegiatan Rembuk Nasional mengatakan, PKBM Bintang Flobamora menampilkan Hasil Karya Warga Binaan Program Pemberdayaan Masyarakat di bidang Tenun Ikat Rote dan Timor dan Strategi Pengembangan Program dalam RNPK 2019.

Ketua PKBM Bintang Flobamora, Polikarpus Do

“PKBM Bintang Flobamora sebagai 1 dari 3 PKBM se-Indonesia yang lolos Nominasi PKBM yang bergerak dalam pengembangan Sumber daya Manusia (SDM) Dunia Usaha dan Dunia Industri”, terangnya.

Mengenai proses penilaian, Polikarpus Do menjelaskan bahwa proses penilaian dilakukan oleh pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Paud dan Dikmas dengan mengamati hasil Karya Nyata yang telah dihasilkan PKBM berupa keunggulan program dalam memberdayakan masyarakat; Direktorat Paud dan Dikmas juga menilai dan mengevalusi kinerja PKBM.

“Kami diminta mengirimkan profil pengembangan program serta keunggulannya dalam bentuk karya nyata berupa video kegiatan PKBM, sasaran, dampak dan output dari warga binaan terhadap masyarakat. Akhirnya PKBM Bintang Flobamora ditetapkan sebagai lembaga yang masuk dalam Dunia Usaha dan Industri”, terang Poli.

Tutup Poli, “Banyak warga belajar dibina dan diberdayakan dalam berbagai Program Life Skill di PKBM Bintang Flobamora seperti bagi masyarakat marginal, putus sekolah, drop out , atau ibu-ibu dari kalangan perempuan marginal”.

Penulis dan editor (+rony banase)

(Visited 12 times, 1 visits today)