Seleksi Cerdas Cermat Kimia IX Tahun 2019, Jaring 32 Tim Terbaik Se-NTT

477 Views

Kota Kupang, Garda Indonesia | Program Studi (Prodi) Pendidikan Kimia, FKIP Undana Kupang mengadakan seleksi serentak Lomba Cerdas Cermat Kimia (CCK) ke- IX se-NTT di 15 Kabupaten dan Kota Kupang yang diselenggarakan pada Kamis, 25 Juli 2019.

Seleksi tersebut diadakan di masing-masing Kabupaten dan Kota Kupang. Untuk Kota Kupang sendiri seleksi dilangsungkan di SMA Negeri 1 Kupang dan diikuti oleh 18 tim dari 8 (delapan) sekolah.

Sekretaris Umum Ikatan Mahasiswa Pendidikan Kimia (IMASPIKA), Yandrista Riwu, saat ditemui disela-sela seleksi, mengatakan bahwa kegiatan tersebut terlaksana atas kerja sama IMASPIKA dan Ikatan Alumni Pendidikan Kimia (IUPAC).

Lebih lanjut, Rista sapaan akrabnya menjelaskan bahwa Lomba CCK ini rutin dilaksanakan setiap tahun dengan peserta para siswa SMA. Dan tahun ini merupakan kali kesembilan IMASPIKA mengadakan perlombaan tersebut.

“CCK pertama dan kedua,  peserta hanya dari Kota Kupang, CCK ketiga, keempat dan kelima pesertanya se-daratan Timor, CCK keenam dan ketujuh mengikutsertakan Pulau Rote, sementara tahun kemarin dan tahun ini, se-NTT”, jelas Rista.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum IMASPIKA, Gilbert Umbu Reku Raya, mengatakan bahwa mata pelajaran kimia menjadi salah satu mata pelajaran yang ditakuti oleh para siswa. Sehingga melalui kegiatan ini bisa membiasakan kimia di masyarakat.

“Tujuannya agar meningkatkan pemahaman siswa tentang kimia dan juga mengajarkan kimia di masyarakat”, jelas Gilbert.

Lanjut Gilbert, sejauh ini minat pelajar untuk pelajaran kimia belum maksimal. Hal ini dilihat dari jumlah sekolah yang mengikuti lomba CCK di tingkat Provinsi.

“Belum semua kabupaten di NTT mengikuti lomba CCK tahun ini. Harapannya lomba CCK ini dapat menjaring semua SMA di seluruh NTT “, ujar mahasiswa semester IX itu.

Dirinya menjelaskan bahwa dilihat dari tahun sebelumnya peserta lomba tahun ini mengalami peningkatan. Jelas Gilbert, tahun 2018 jumlah tim yang mendaftar untuk kabupaten dan Kota sebanyak 72 tim. Sedangkan tahun ini mengalami peningkatan menjadi 78 tim di seluruh NTT.

“Walaupun belum semua tapi kita bersyukur tahun ini ada peningkatan “, pungkas Gilbert.

Rista Riwu kembali menjelaskan bahwa hasil seleksi tersebut akan diumumkan pada tanggal 1 Agustus 2019. Dari seleksi serentak tersebut akan dipilih 32 tim terbaik yang merupakan perwakilan dari masing-masing kabupaten dan Kota serta perengkingan untuk memenuhi kuota yang tersisa.

“Yang ikut mengambil bagian ada 15 Kabupaten dan Kota Kupang, sehingga 16 tim terbaik akan mewakili masing-masing kabupaten dan juga kota, sementara sisanya dilihat dari nilai tertinggi tim”, jelas Rista.

Selain itu, untuk babak 32 besar sampai pada final akan dihelat pada tanggal 16—21 September 2019 bertempat di Kota Kupang. (*)

Sumber berita (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)

(Visited 19 times, 1 visits today)