BMKG : ‘Tropical Storm’ Picu Gelombang 4 Meter & Kecepatan Angin 27 Knot

Loading

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Tenau Kupang pada Kamis, 4 Juli 2019 mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi di perairan laut diatas 4 meter dan kecepatan angin lebih dari 27 knot di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau, Ota Welly Jenni Thlo,ST., kepada Garda Indonesia menyampaikan bahwa potensi gelombang laut tinggi dan angin kencang berlangsung dari tanggal 4—7 Juli 2019

“Potensinya hingga 7 Juli 2019, tapi jika ada perubahan kami update setiap hari”, ujarnya

Secara gamblang, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Tenau menyebutkan penyebab gelombang tinggi dan angin kencang; Tropical Storm “MUN” 992 hpa di laut Cina Selatan mengakibatkan pola sirkulasi angin di Samudera Hindia Barat Mentawai dan Samudera Pasifik Utara Halmahera.

“Pola angin di wilayah Utara Ekuator umumnya dari Selatan—Barat Daya dengan kecepatan 4—25 knot sedangkan di wilayah Selatan Ekuator umumnya dari Timur—Tenggara dengan kecepatan angin 4—25 knot”, ungkapnya.

Lanjutnya, Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Bengkulu—Enggano, Laut Jawa, Laut Banda dan Laut Arafuru. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Mengenai sebaran gelombang tinggi, Ota Thlo menjabarkan:

  • Tinggi gelombang 1.25—2.5 meter berpeluang terjadi di Selat Sape bagian selatan, Selat Ombai, Perairan Selatan Kupang Pulau Rote, Laut Timor Selatan NTT dan Laut Sawu;
  • Tinggi gelombang 2.5—4.0 meter berpeluang terjadi di perairan bagian barat dan selatan Perairan Sawu, Selat Sumba bagian barat, Samudera Hindia Selatan NTT.

Untuk keselamatan pelayaran, BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tenau mengimbau agar memperhatikan resiko tinggi berlayar oleh perahu/kapal terhadap keselamatan pelayaran sebagai berikut :

  1. Perahu Nelayan (potensi kecepatan angin lebih dari 15 knot dan gelombang diatas 1.5 meter);
  2. Kapal Tongkang (potensi kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang diatas 1.5 meter);
  3. Kapal Ferry (potensi kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang diatas 2.5 meter);
  4. Kapal Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (potensi kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang diatas 4.0 meter).

BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tenau juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpotensi terjadi gelombang tinggi agar selalu tetap waspada. (*)

Sumber berita (*/Rilis BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Tenau)
Editor (+rony banase)