PKBM Bintang Flobamora Asal NTT Juara Satu PKBM Berprestasi Se-Indonesia

812 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bintang Flobamora asal Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur ikut berkompetisi dalam seleksi terhadap 6 (enam) PKBM dalam lomba Lembaga PKBM Terbaik Nasional dalam rangka Apresiasi Kelembagaan PKBM Terbaik Nasional Tahun 2019.

https://gardaindonesia.id/2019/08/03/pkbm-bintang-flobamora-lolos-seleksi-enam-besar-pkbm-terbaik-se-indonesia/

Lomba yang dirangkai sebagai Lomba Kelembagaan dan Warga Binaan oleh Direktorat Pembinaan Pendidikan Kesetaraan, Dirjen PAUD dan DIKMAS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI di Tangerang pada tanggal 4—7 Agustus 2019, menyeleksi 6 (enam) PKBM sebagai berikut :

  1. PKBM Surya Mandiri, Sulawesi Selatan;
  2. PKBM Khoiru Ummah, Sumatera Selatan;
  3. PKBM Abdi Pertiwi, Banten;
  4. PKBM Tunas Karya, Kalimantan Barat;
  5. PKBM Tunas Aksara, Nusa Tenggara Barat (NTB);
  6. PKBM Bintang Flobamora, Kota Kupang-Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hasil pemaparan atau presentasi program dan inovasi program 6 PKBM yang lolos seleksi dihadapan penilai/juri dari Kementerian Pendidikan Direktorat PAUD dan Dikmas yakni Dr. Samto, Dr. Nandang Hidayat, dan Horas Parulian Haritonang akhirnya memutuskan dan menetapkan Juara Ketiga, PKBM Tunas Aksara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Juara Kedua, PKBM Khoiru Ummah, Sumatera Selatan,

Dan Juara Pertama (Satu) diraih oleh PKMB Bintang Flobamora asal Kota Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ketua PKBM Bintang Flobamora, Polikarpus Do

Hal ini disampaikan oleh Polikarpus Do, Ketua PKBM Bintang Flobamora Kota Kupang kepada Garda Indonesia pada Selasa, 6 Agustus 2019 pukul 21:43 WITA. Melalui pesan Whatsapp, Poli sapaan akrabnya menyampaikan PKBM Bintang Flobamora bersaing ketat dengan senior yang hebat dan luar biasa dalam program pemberdayaan.

“Tetapi PKBM Bintang Flobamora dapat mengungguli program dari 5 (lima) PKBM yang masuk seleksi”, ujar Poli.

Foto bersama Pengurus PKBM Se-Indonesia

Penyerahan Piagam Penghargaan dan Tropi Pemenang, terang Poli, akan diserahkan pada tanggal 8 September 2019, bertepatan dengan Puncak Hari Aksara Internasional (HAI) ke-54 Tahun 2019 di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kedepan, ungkap Poli, PKBM Bintang Flobamora akan mengembangkan program diantaranya:
• Memperkuat kualitas SDM lembaga;
• Penguatan unit usaha PKBM dan Koperasi;
• Memperluas akses kemitraan;
• Menyediakan sarana PKBM yang lebih memadai;
• Melakukan publikasi;
• Membuka cabang PKBM Bintang Flobamora di setiap kabupaten.

Terpisah,  Ketua DPW FK-PKBM NTT, Aram Kolifai, SH., menyampaikan proficiat atas terpilihnya PKBM Bintang Flobamora   sebagai Juara I PKBM Berprestasi Tingkat Nasional,

“Tuhan Yesus berkati semua usaha dan perjuangan Pak Polikarpus dan segenap pengurus dan WB PKBM Bintang Flobamora”, ujarnya kepada Garda Indonesia melalui pesan whatsapp pada Selasa, 6 Agustus 2019 pukul 23:30 WITA.

Penulis dan editor (+rony banase)

(Visited 51 times, 1 visits today)