Johanis Uly Imbau Masyarakat Sabu Raijua Sadar Wisata

423 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Johanis Uly, sosok milenial Calon Wakil Bupati Sabu Raijua mengharapkan masyarakat agar sedini mungkin memahami dan menggali potensi wisata yang beragam dan mempunyai nilai jual tinggi di Kabupaten Sabu Raijua.

Baca juga : 

https://gardaindonesia.id/2019/08/21/jo-uly-sosok-milenial-calon-wakil-bupati-sabu-raijua/

Kepada Garda Indonesia pada Senin, 30 September 2019, Jo Uly sapaan akrabnya mengharapkan agar masyarakat Sabu Raijua sadar akan potensi wisata budaya dan alam indah di Sabu Raijua dan berharap agar dinas terkait dapat berperan aktif untuk mempersiapkan masyarakat agar dapat menerima saat ada perubahan usai pelaksanaan berbagai festival wisata yang diselenggarakan oleh Pemda Sabu Raijua

“Diharapkan agar dinas terkait dapat mengadakan pelatihan bagi masyarakat tentang Desa Sadar Wisata,” ujar Johanis Uly, sosok muda asal Kecamatan Mesara.

Selain itu, pintanya, bentuk pelatihan lain yang bisa dilaksanakan seperti tour guide. “Karena dampak positif dari pascafestival Kelabba Maja adanya sebaran informasi mengenai wisata Sabu Raijua sehingga bakal berdatangan turis domestik maupun mancanegara ke Sabu Raijua dan masyarakat dapat menerima perubahan yang terjadi,” beber Jo Uly.

Johanis Uly saat berbincang dengan Camat Mesara di Acara Puncak Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja, Kamis, 12 September 2019.

Menurut Jo Uly, walaupun pertama kali even Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja ini dibuat namun mendapatkan respon yang cukup baik dari para pengunjung. Plus dan minus kegiatan ini, sambung Jo Uly, menjadi evaluasi untuk menjadikan lebih baik pada even berikutnya.

Sebelumnya, Pantauan media ini dan hasil informasi dari Camat Mesara bahwa dampak dari Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja yang dihelat pada 9—12 September 2019 adanya peningkatan pada Sektor Usaha Mikro Kecil, di mana sasaran ini terbukti memberi dampak positif bagi Usaha Kecil.

Pelaku UMKM di Kecamatan Sabu Barat dan Kecamatan Mesara dengan karya kain tenun asli dan periuk tanah (arru) yang diborong oleh Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat.

Johanis Uly saat diberikan kesempatan memberikan edukasi tentang Desa Sadar Wisata di Puncak Kegiatan Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja, Kamis, 12 September 2019

Disamping itu, untuk mendukung program Gubernur NTT Viktor Laiskodat yang menjadikan Pariwisata sebagai Prime Mover Ekonomi NTT maka Pemda Sabu Raijua melalui Dinas Pariwisata mendorong para pengrajin untuk menghasilkan karya berupa tas, sepatu yang terbuat dari bahan dasar kain , topi padu padan kain tenun Sabu dan daun Lontar serta aksesoris lainnya yang menjadi kenangan bagi para tamu Festival Jelajah Pesona Kelabba Maja.

Johanis Uly juga mengucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT Viktor Laiskodat yang telah berupaya untuk mendorong Pemda dan Masyarakat Sabu Raijua untuk sadar wisata dan menjadi pariwisata sebagai penggerak ekonomi baru bagi Kabupaten di selatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Sabu Raijua.

Penulis dan editor (+rony banase)

(Visited 27 times, 1 visits today)