Kepala BPS NTT Darwis Sitorus Bakal Sajikan Data Terbaik

150 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Darwis Sitorus yang menggantikan Maritje Pattiwaellapia, S.E., M.Si. yang mana berpindah tugas ke Papua; menyatakan kesiapan pihaknya untuk menyajikan data terbaik.

Pernyataan Kepala BPS NTT asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tersebut disampaikannya saat jumpa pers bersama awak media pada Jumat, 1 November 2019 di Aula Teleconference BPS NTT.

“Saya sangat bersyukur bisa bekerja di Nusa Tenggara Timur yang sangat menarik. Sebagai pengelola data, kami bakal berupaya untuk menyajikan data terbaik,” ujar Darwis Sitorus menjawab pertanyaan media ini tentang asal domisilinya.

Selain itu, kata Darwis Sitorus, pihaknya juga bakal menyajikan data terbaik bagi Gubernur NTT beserta jajarannya.

Kepala Badan Pusat Statistik NTT, Darwis Sitorus

Darwis Sitorus juga mengharapkan partisipasi masyarakat untuk menyukseskan Sensus Penduduk Nasional 2020.

Mengenai data pariwisata NTT tentang Tingkat Penghunian Kamar, Jumlah Tamu Menginap dan rata-rata lama tamu menginap dan jumlah penumpang angkutan udara bulan September 2019; secara gamblang Darwis Sitorus menjelaskan bahwa Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Bintang di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada bulan September 2019 sebesar 52,26 persen, turun 6,46 poin dibanding TPK Agustus2019 yang sebesar 58,72 persen.

“Jumlah tamu menginap pada hotel bintang bulan September2019 sejumlah 38.769 orang dengan rincian 34.372 orang tamu nusantara dan 4.397 orang tamu mancanegara,” paparnya.

Tambahnya, “Rata-rata lama tamu menginap di hotel berbintang pada bulan September 2019 selama 1,61 hari. Rata-rata lama tamu nusantara menginap selama 1,50 hari dan rata-rata lama tamu mancanegara menginap selama 2,44 hari.”

Sementara itu, beber Sitorus, Jumlah penumpang angkutan udara yang tiba di NTT pada bulan September 2019 berjumlah 171.652 orang sedangkan penumpang yang berangkat berjumlah 165.297 orang.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)