HUT ke-56, Fapet Undana Helat Join Seminar Nasional dan Kongres HITPI

112 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56 Fakultas Peternakan (Fapet)  Undana Kupang sekaligus memperingati HUT ke-9 Himpunan Ilmuwan Tumbuhan Pakan Indonesia (HITPI) maka dihelat kegiatan Seminar Nasional dan Kongres HITPI.

Berlangsung di Hotel Neo Aston Kupang pada 5—6 November 2019, Join Seminar dan Kongres, Seminar Nasional Himpunan Ilmuan Tumbuhan Pakan Indonesia (HITPI) ke-8; Seminar Nasional Peternakan ke-5; Kongres Nasional HIPTI ke-3 mengusung tema Peningkatan produktivitas sistem peternakan berbasis tumbuhan pakan. Seminar dipandu oleh moderator Dr. Ir. Ludji Michael Riwukaho, M.P.

Sebanyak 91 artikel yang diplenokan secara paralel dalam rangkaian Seminar Nasional HIPTI ke-8 yang berasal dari ilmuwan Universitas Udayana (Unud) Bali, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Mataram, Universitas Jambi, Universitas Andalas, Universitas Papua, Politani, BPTP Naibonat, dan Fapet Undana.

Demikian disampaikan oleh Ketua HITPI Wilayah NTT, Dr.Ir. Twen Dami Dato, MP. kepada media ini pada Selasa, 5 November 2019. “Kegiatan ini dimulai dengan ide untuk menyatukan beberapa even yakni HUT ke-56 Fapet Undana pada 1 Oktober 2019, Seminar Nasional HITPI, dan Kongres HITPI ke-3,” jelas Dr Twen Dami Dato.

Ketua HITPI Wilayah NTT, Dr. Ir. Twen Dami Dato, MP. (Berbusa tenun Sabu) berpose bersama Moderator, Dr. Ir. Ludji Michael Riwukaho, M.P. (berbaju putih) dan dua panitia kegiatan

Keynote Speaker Seminar Nasional HITPI yakni Prof.Dr. Luki Abdullah Ketua HITPI Pusat; Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat diwakili oleh Kadis Peternakan, Ir. Dany Suhadi; Prof. Dr. J.F.Bale Therik, dosen Fapet Undana; Prof. Dr. Dahlanuddin, Dosen Fapet Universitas Mataram (Unram); Ir. Sri Widayati, MMA. Direktur Pakan Ditjen PKH (Peternakan dan Kesehatan Hewan) Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

“Kami berharap dari pleno dan keynote speaker dapat menghasilkan rekomendasi yang dapat dikirimkan ke Pemda dan Kementerian Pertanian bagaimana kolaborasi bersama Perguruan Tinggi untuk menyejahterakan masyarakat,” beber Dr Twen.

Selain itu, jelas Dr Twen Dami Dato, juga dilakukan Gala Dinner untuk memperingati HUT ke-9 HITPI dan HUT ke-56 Fapet Undana dan pada Rabu, 6 November 2019 dilaksanakan field trip ke lokasi kelompok tani/ternak Kaifo Ingu di Babau yang sedang melaksanakan Program Kemitraan Wilayah (PKW) dengan tema ‘Membangun Model Agroeduwisata di Kabupaten Kupang’ yang didanai DPRM DIKTI dan PEMDA Kabupaten Kupang dan mengunjungi lokasi pelatihan Wiliam & Laura di Tilong.

“Dan pada malam hari dilaksanakan Kongres HITPI ke-3 untuk memilih pengurus baru,”pungkas Dr. Twen.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)