PB PERTINA NTT Berharap Ada ‘Try Out’ Sebelum PON 2020

352 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Pengurus Besar Persatuan Tinju Amatir Indonesia (PB PERTINA) Provinsi NTT kembali melepas enam atlet tinju yang akan berlaga pada Pra PON tahap II di Bogor, Jawa Barat. Keenam atlet tersebut akan melakoni pertandingan mulai tanggal 13—20 Desember 2019.

David CHR Hari salah satu pelatih tim tinju Pra PON NTT pada saat jumpa pers pada Rabu, 11 Desember 2019, menyampaikan kepada awak media bahwa salah satu faktor penentu keberhasilan pada PON nanti adalah dengan melakukan uji coba (try out).

“Bagaimanapun kita butuh try out. Nah try out itu tentunya butuh dana,” jelas David.

Ia menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya try out maka akan menambah jam terbang para petinju dan itu akan sangat bermanfaat ketika melakoni laga pada PON 2020 nanti. ” Mereka (atlet tinju) terbiasa menghadapi petinju-petinju berkelas,” tegasnya.

Namun menurutnya, yang menjadi kendala adalah terkait dana untuk melakukan try out. Sehingga ia berharap ada pihak yang siap mendanai para atlet untuk bisa melakukan try out sebelum menghadapi PON. “Kita sangat berharap ada pihak yang siap mendanai untuk try out“, ujarnya.

Sekretaris PB PERTINA NTT, David Selan membenarkan hal tersebut. Menurutnya delapan orang yang berhasil lolos Pra PON tahap I merupakan hasil dari try out yang diikuti yaitu pada Piala Presiden yang digelar di Labuan Bajo beberapa bulan lalu.

Lanjutnya, pihaknya sudah memegang jadwal pertandingan internasional dan itu bisa dijadikan sebagai ajang try out namun hal yang sama yang menjadi kendala yakni terkait biaya. ” Kita sudah pegang jadwal pertandingan internasional, namun kita kendala biaya, “ ungkap Selan.

Untuk mengikuti try out membutuhkan biaya yang sangat besar karena mencakup biaya transportasi, penginapan dan juga makan minum.

Ia mencontohkan beberapa Provinsi seperti Jawa Barat pada PON sebelumnya mereka mengadakan try out sehingga hasil pada saat PON sangat memuaskan.

David Selan juga berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi NTT uang sudah menyiapkan dana bagi PB PERTINA melalui KONI. Ia berharap pada tahun 2020 alokasi dana yang disiapkan pemerintah terus bertambah guna menunjang prestasi para atlet.(*)

Penulis (*/Joe Tkikhau)
Editor (+rony banase)

(Visited 29 times, 1 visits today)