Kwarcab Denpasar Ajak Pramuka Jadi Patriot Lingkungan

145 Views

Denpasar-Bali, Garda Indonesia | Menjelang tutup tahun 2019, Kwartir Cabang (Kwarcab) Denpasar melakukan tanam pohon keras di sekitar Bumi Perkemahan (Buper) Segara Mantra Scout Camp, Desa Serangan pada Selasa, 17 Desember 2019.

Penanaman dilakukan oleh anggota pramuka penegak dan pandega dari seluruh SMA/SMK di Denpasar dalam rangkaian kegiatan program Pramuka Peduli serta Pramuka Denpasar adalah Patriot Lingkungan.

Ketua Kwartir Cabang Denpasar Dr. I Gusti Lanang Jelantik, M.Si mengatakan kegiatan penanaman pohon ini diselenggarakan Kwartir Cabang Denpasar (Kwarcab) yang merupakan program tahunan Kwarcab. Lingkungan hidup menjadi persoalan penting yang harus diperhatikan oleh pemerintah dan masyarakat. Sebab, hal ini menyangkut keberlangsungan hidup manusia yang menginginkan adanya lingkungan yang bersih, aman dan tenteram.

”Setiap manusia yang hidup di dunia ini memerlukan lingkungan yang bersih dan sehat agar dapat memberikan kenyamanan hidup. Karena itu manusia wajib peduli terhadap lingkungannya, yaitu dengan cara menjaga, memelihara dan menciptakan lingkungan hidup yang baik,” ujar Lanang Jelantik.

Foto bersama Pramuka Kwarcab Denpasar usai melakukan aksi tanam pohon di Bumi Perkemahan (Buper) Segara Mantra Scout Camp

Kwarcab Denpasar mengajak adik-adik untuk mengimplementasikan Dasa Darma Ke-2 yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia serta Implementasi Ajaran Tri Hita Karana terhadap Keseimbangan Alam.

“Alam merupakan tempat di mana kita berdiri dan menghirup udara, tempat di mana kita tinggal dan bergerak secara leluasa, bisa kita bayangkan bagaimana ketika alam tak lagi bersahabat, menampakkan kemurkaannya, tentu seperti halnya bencana-bencana yang kita rasakan saat ini. Oleh sebab itu kita harus menumbuhkan kesadaran diri betapa pentingnya menjaga kelestarian alam,” kata Lanang Jelantik yang juga Dosen UNHI.

Selain tanam pohon, ujar Lanang Jelantik, “Kami juga melaksanakan bersih pantai. Semoga kegiatan bersih pesisir pantai serangan ini adalah hal awal untuk mengajak masyarakat dan adik-adik lebih peduli kepada kebersihan sekitar”.

“Kami pramuka Denpasar akan terus melakukan hal positif seperti ini secara berjenjang dan tidak hanya satu kali saja, sehingga kami mengajak masyarakat sekitar untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan,” tandasnya.(*)

Sumber berita (*/Rudianto—Tim IMO Indonesia)
Editor (+rony banase)

(Visited 3 times, 1 visits today)