Jelang Peringatan ke-91 Hari Ibu, Kesetaraan Gender Mulai dari Keluarga

130 Views

Jakarta, Garda Indonesia | Menjelang Peringatan ke-91 Hari Ibu pada 22 Desember 2019, Kementerian PPPA menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya, Nonton Bareng (Nobar) film ‘Surga Kecil di Bondowoso’ dan Ngobrol Penuh Inspirasi (Ngopi) bersama Menteri PPPA, Bintang Puspayoga di RPTRA Rasela di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Jakarta, pada Selasa, 18 Desember 2019 malam.

Menteri Bintang mengatakan, kegiatan ini juga serentak dilakukan di seluruh Indonesia. “Tidak hanya dilakukan di RPTRA Rasela saja, tetapi di seluruh Indonesia. Kami dibantu oleh bapak Kapolri (Kepala Kepolisian Republik Indonesia) dan diturunkan melalui surat ke setiap Polsek untuk memutar Film Surga Kecil di Bondowoso,” ujar Menteri PPPA, Bintang Puspayoga di RPTRA Rasela.

Menteri Bintang menyampaikan, jika film ‘Surga Kecil di Bondowoso’ sarat makna penerapan kesetaraan gender dalam kehidupan keluarga, terutama peran laki-laki sebagai seorang suami dan ayah.

“Ketika bicara soal kesetaraan gender, tidak bisa hanya disosialisasikan pada perempuan saja tanpa pemahaman itu kita berikan pada laki-laki. Mudah-mudahan film ini menjadi inspirasi, bahwa kita dalam keluarga adalah satu tim. Siapa yang sempat dia yang mengerjakan (pekerjaan rumah).,” jelas Menteri Bintang.

Menteri Bintang menambahkan, perempuan bisa berdaya, tidak lepas dari dukungan laki-laki. Oleh karena itu penguatan bagi perempuan berupa dukungan dan kesempatan yang sama terutama dalam hal akses ekonomi juga penting.

“Jangan ragu untuk mendorong istri, tidak hanya melakoni tugas di ranah domestik saja tetapi didorong untuk ikut berperan di ranah publik. Masih banyak perempuan yang belum ikut berperan dalam penopang ekonomi keluarga. Makanya ke depan isu ini akan jadi prirotas program Kemen PPPA untuk memberdayakan perempuan di bidang kewirausahaan bergandengan tangan dengan stakeholder,” tambah Menteri Bintang.

Mengangkat tema “Kesetaraan Gender untuk Indonesia Maju”, Nobar dan Ngopi di RPTRA Rasela selain dihadiri Menteri Bintang, juga dihadiri oleh pasangan suami istru pemain film “Surga Kecil di Bondowoso” yakni Ustadz Nur Salim dan Ustadzah Nur Fadlilah, Walikota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko bersama istri, Wakil Walikota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dan Lurah Rawa Badak Selatan.

Di sisi lain, Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko yang turut hadir membagikan cerita tentang pembagian peran antara dirinya dan istri terutama dalam hal pengasuhan anak. “Dalam keluarga, kami selalu mengembangkan komunikasi terbuka. Kami juga berbagi peran terutama dalam pengasuhan anak, saling mengisi. Buat kami, belajar adalah proses yang kontinu. Jadi kami biasa mengikuti parenting program dan terus belajar sebagai orangtua. Ini sebelumnya melalui dialog panjang antara saya bersama istri,” ujar Sigit Wijatmoko.(*)

Sumber berita (*/Publikasi dan Media Kementerian PPPA)
Editor (+rony banase)

(Visited 1 times, 1 visits today)