Satgas Saber Pungli Awasi Pembagian Bantuan Sosial Pandemi Covid-19

Loading

Jakarta, Garda Indonesia | Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Moh. Mahfud MD, menegaskan Satuan Tugas Sapu Bersih Pengutan Liar (Satgas Saber Pungli) akan hadir dan mengawasi pembagian bantuan sosial bagi keluarga penerima manfaat akibat Pandemi Covid-19. Hal ini disampaikannya pada rapat Saber Pungli secara virtual di Jakarta, pada Selasa, 21 April 2020.

Mahfud MD ingin memastikan program bantuan pemerintah tersebut berjalan sesuai sistem dan tidak diselewengkan. “Bila ada penyelewengan, silakan mengadu ke Satgas Saber Pungli untuk ditindaklanjuti,” ujarnya.

Rapat yang dipimpin Menkopolhukam selaku pengendali dan penanggungjawab Satgas tersebut, sekaligus untuk menyelaraskan tugas Satgas Saber Pungli 2020 Pusat dan daerah, di tengah pandemi Covid-19.

Hadir pula Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Komjen Pol Moechgiyarto, yang menyatakan segera menindaklanjuti arahan Menkopolhukam, antara lain dengan menyempurnakan struktur organisasi hingga ke daerah.

Mahfud MD meminta masyarakat, jika menemukan pungutan liar di kementerian, pemerintah daerah atau lembaga, jangan segan-segan untuk mengadukannya. Bisa lewat telepon, e-mail, sms, atau datang langsung ke posko saber pungli.

Ada hal menarik dalam struktur baru Satgas Saber Pungli, yakni hadirnya para akademisi dan pegiat anti korupsi dalam jajaran Kelompok Ahli. Nama-nama mereka cukup populer. Antara lain mantan Ketua Komisi Yudisial dan dosen UII Suparman Marzuki (Ketua), Rhenald Kasali (UI), Imam Prasojo (UI), Zainal Arifin Mochtar (UGM), dan Feri Amsyari (Direktur Pusako Universitas Andalas).

“Darah segar” tersebut diharapkan oleh Menkopolhukam bisa saling bersinergi untuk meningkatkan lagi kiprah Satgas dalam memberantas pungutan liar.(*)

Sumber berita dan foto (*/Humas Kemenko Polhukam R.I.)
Editor (+rony banase)