Di Tengah Pandemi, 50 KK Jemaat Eklesia Dapat Sembako dari Anita Gah

204 Views

Kupang-NTT, Garda Indonesia | Sebanyak 50 dari 70 Kepala Keluarga (KK) dari Jemaat Eklesia Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara (NTT) memperoleh bantuan sembako dari anggota DPR RI Komisi X Fraksi Partai Demokrat, Anita Jacoba Gah pada Minggu, 3 Mei 2020 pukul 16.00 WITA—selesai.

Pdt Jublina Raharjo Rafael saat memberikan arahan kepada jemaat Eklesia yang duduk dengan menjaga jarak interaksi

Mengedepankan protokol kesehatan dengan menjaga jarak interaksi (physical distancing), 50 KK yang berprofesi sebagai pelaku pariwisata di Pantai Lasiana tersebut menjaga jarak duduk sekitar 1 meter antara satu jemaat dengan jemaat lain.

Pantauan Garda Indonesia, tak hanya jarak duduk, mereka pun menggunakan masker sekaligus saat memperoleh bantuan sembako diatur oleh pihak Majelis Jemaat GMIT Eklesia Lasiana secara tertib dan teratur menerima bantuan sembako secara langsung dari Anita Jacoba Gah.

Anita Jacoba Gah (berbaju kaos hitam dan bermasker biru) saat menyerahkan sembako dan masker kepada Ketua Majelis Jemaat GMIT Gereja Eklesia Pdt. Jublina Raharjo Rafael

Ketua Majelis Jemaat GMIT Gereja Eklesia Pdt. Jublina Raharjo Rafael, menyampaikan bahwa jemaat Eklesia yang paling banyak berprofesi sebagai pedagang di Pantai Lasiana, kuli bangunan, dan penjual di pasar, terpaksa berhenti bekerja karena dampak Pandemi Covid-19.

“Mereka berhenti total dari pekerjaan. Mereka pun tertib  mengikuti imbauan pemerintah dan maklumat Kapolri untuk menjaga jarak, mencuci tangan, dan memakai masker,” terang Pdt. Sembari mengatakan hanya saat ini para jemaat berkumpul di dalam gereja karena selama Pandemi Covid-19 melakukan doa dan aktivitas di rumah.

Pdt. Jublina mengungkapkan hingga saat ini belum ada bantuan dari pemerintah kepada warga yang merupakan jemaat Gereja Eklesia. “Bantuan Ibu Anita Jacoba Gah merupakan bantuan pertama bagi jemaat Gereja Eklesia,” ungkapnya.

Mama Mariana Patole Dai, salah satu jemaat Gereja Eklesia mengucapkan terima kasih kepada Anita Jacoba Gah karena sebagai pemerintah dapat memperhatikan warga yang terdampak langsung Covid-19.

Anita Jacoba Gah Sisihkan Gaji DPR RI Bantu Warga Terdampak Pandemi Covid-19

Kepada Garda Indonesia, Anita Jacoba Gah mengatakan, ia menyisihkan sekian persen gajinya sebagai Anggota DPR RI agar dapat membantu warga yang terdampak langsung selama Pandemi Covid-19. “Saya menyisihkan gaji sebagai Anggota DPR RI untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19,” ungkapnya.

Foto bersama Anita Jacoba Gah dan Jemaat Eklesia Lasiana usai penyerahan sembako dengan tetap menjaga jarak

Selain itu, ujar Wakil Ketua Komisi X DPR RI ini, dirinya menyiapkan sekitar 1.000 sembako yang bakal dibagikan kepada warga lain yang terdampak Covid-19. “Saya bakal memberikan bantuan sembako lagi, sekitar 1.000 Paket Sembako telah saya siapkan untuk selanjutnya dibagikan di lokasi lain,” bebernya.

Untuk di lokasi Jemaat GMIT Gereja Eklesia, imbuh Anita, diperuntukkan khusus kepada para pedagang yang sehari-hari berjualan di sekitar Pantai Lasiana. “Saya prioritaskan para pedagang, karena pariwisata yang benar-benar terdampak langsung selama Pandemi Covid-19. Mereka (pedagang,red) tak bisa berjualan lagi,” kata Anita seraya menyampaikan selain sembako, juga memberikan masker dan mendorong jemaat untuk mengurus beasiswa PIP bagi anak-anak mereka.

Kondisi itu, terang Anita Jacoba Gah, yang memicu dan menggerakkan empati-nya untuk membantu para pedagang yang berdomisili dan selalu menyembah Tuhan di Gereja GMIT Eklesia yang terletak di Jalan Rampai Kelurahan Lasiana, Kota Kupang.

Penulis, editor dan foto (+rony banase)