Belajar dari Covid-19, Webinar Edukasi IGI Flores Timur Jadi Wahana Belajar

215 Views

Larantuka, Garda Indonesia | Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, membuat banyak perubahan di segala bidang kehidupan manusia pada skala besar maupun kecil, pada tingkat desa maupun nasional bahkan internasional. Pandemi Covid-19 begitu kuatnya mengguncang dunia hingga dalam jangka waktu yang begitu singkat, sang virus sudah menjadi objek yang mengerikan karena memakan jutaan korban jiwa di seluruh dunia.

Hal langka yang terjadi dan melanda dunia ini, tak membuat mati harapan dan semangat hidup bagi manusia sang pelaku utama panggung kehidupan ini, dengan berbagai cara dan upaya berusaha agar segera keluar dari masalah global ini. Hampir semua bidang kehidupan terkena dampak pandemi Covid-19 ini, termasuk dunia pendidikan yang sangat merasakan dampaknya. Kondisi ini membuat para pelaku di dunia pendidikan mencari solusi agar dapat mengatasi berbagai dampak yang ditimbulkan karena Corona .

Ya, karena Corona seluruh sekolah mulai dari tingkat TK, SD, SMP, dan SMA/sederajat hingga Perguruan Tinggi tidak lagi menjalankan aktivitas kegiatan belajar mengajar sebagaimana biasanya. Anak-anak sekolah dan para guru terpaksa dirumahkan. Semua ini dilakukan atas pertimbangan kesehatan dan keselamatan anak dan tenaga pengajar dan menjaga agar virus Corona bisa dipersempit ruang geraknya.

Melihat situasi seperti ini, Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Flores Timur mengajak semua pihak bergandengan tangan mengadakan pembelajaran secara online, pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif melalui aplikasi Zoom meeting, tidak hanya bagi siswa, para guru pun diberi kesempatan untuk belajar bersama, saling berbagi, saling bertukar informasi secara daring dengan menghadirkan narasumber dalam diskusi online (webinar) atau web seminar online.

Webinar seri 2 dihelat pada Kamis,7 Mei 2020 pada pukul 10.00 WITA, melibatkan partisipan sebayak 65 peserta terdiri dari guru, dosen, pemerhati pendidikan, dan Kepala Dinas PKO Kabupaten Flores Timur sebagai salah satu narasumber.

Sekretaris IGI Flotim bertindak sebagai host didampingi beberapa pengurus IGI sebagai Co Host. Perbincangan online sangat menarik dengan tema “Pengenalan aplikasi zoom dan pemanfaatannya dalam pembelajaran online”. Turut hadir salah satu narasumber, seorang dosen cerdas berpengalaman asal Flores Timur yang mengabdi pada Universitas Negeri Mataram, Aurelius Teluma.

Banyak hal yang diperoleh dari kegiatan ini. Bernad B. Keda selaku Kadis Pendidkan, Kebudayaan dan Olahraga (PKO), begitu setia menemani para guru selama video conference (vicon) ,beliau menyampaikan pesan kepada bapak ibu guru pendidik agar benar-benar memanfaatkan peluang yang ada sekarang, harus bisa menjawab tantangan pembelajaran online dalam menghadapi revolusi industri 4.0 yang akan datang.

“Sebagai seorang guru yang profesional harus selalu memperkaya diri dengan berbagai informasi dan pengetahuan baru. Jangan menjadi guru zaman kuno (old), tapi harus menjadi guru zaman now yang tentunya tidak gagap teknologi (gaptek),”imbaunya.

Memang benar yang dikatakan para pakar pendidikan bahwa teknologi dunia pendidikan semodern apa pun tetap tidak bisa menggantikan posisi sejati para guru.

Guru tetap menjadi pelaku utama pendidikan, namun para guru pun tidak boleh ketinggalan informasi, tidak boleh kalah dari siswa dalam menggunakan media untuk menunjang pembelajaran.

Terima kasih rekan-rekan pengurus IGI Kabupaten Flores Timur yang telah membuka ruang bagi guru-guru untuk dapat berbagi melalui aplikasi Zoom dengan Program Webinar Edukasi Flores Timur. Kami menanti Vicon berikutnya.
Share and growing together with IGI. (*)

Penulis dan foto (*/Helmy Tukan)
Editor (+rony banase)