LPPKPD Manggarai Bantu 500 Masker Kain untuk Gugus Tugas Covid Kab. Manggarai

59 Views

Ruteng, Garda Indonesia | Lembaga Pusat Pengkajian Kebijakan Pembangunan Daerah (LPPKPD) Kabupaten Manggarai menyerahkan paket bantuan berupa 500 masker kain kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, bertempat di Sekretariat Gugus Tugas pada Rabu, 15 Juli 2020.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh ketua umum yang juga sebagai pendiri Lembaga LPPKPD, Heribertus Erik San dan diterima oleh Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Bupati Deno Kamelus yang didampingi oleh Ketua Sekretariat Gugus Tugas, Frumensius L.T.K Do, Kabag Humas Lodovikus D. Moa dan juga wakil Sekretariat Gugus Tugas, Drs. Theodorus Taram.

Dalam sambutannya, Heribertus Erik San mengatakan, paket bantuan yang ada tersebut sebetulnya bersumber dari jaringan kerja sama antara Lembaga LPPKPD dengan salah satu perusahaan di Jakarta yang bergerak di bagian fashion, yaitu General Multi Suplindo-Jakarta untuk kemudian bermitra dalam pengadaan sekaligus penyaluran paket bantuan masker sebanyak 500 buah masker kain ini.

“Kita bersyukur bahwa hari ini kita bisa hadir dan bertemu secara langsung untuk menyerahkan paket bantuan ini ke tim gugus tugas penanganan Covid-19 di Kabupaten Manggarai. Dan yang hadir sebagai perwakilan lembaga dalam menyerahkan bantuan ini, selain saya sendiri, terdapat juga tiga orang lainnya, yakni Yohanes Mario Vianney selaku ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan, Aprintus Justian Purnama Nila selaku ketua Divisi Advokasi, Kemitraan dan jaringan, dan juga saudara Jivansi Helmut selaku ketua Divisi Informasi dan Publikasi, “ungkap Heribertus Erik San.

Lebih lanjut, Heribertus menyampaikan bahwa bantuan tersebut sejatinya diberikan sebagai wujud kepedulian sosial dari lembaga LPPKPD dalam menangani pandemi Covid-19 di Kabupaten Manggarai.

“Bantuan ini kami berikan sebagai wujud kepedulian lembaga LPPKPD dalam membantu pemerintah Kabupaten Manggarai untuk penanganan pandemi Covid-19,” ungkap Erik San.

Lebih jauh, Heribertus Erik San menjelaskan, Lembaga LPPKPD sebetulnya dibentuk sejak bulan November 2019. Dan lembaga ini berdomisili di Kabupaten Manggarai. Fokus kegiatan lembaga ini, kata Heribertus Erik San, selain di bidang pengkajian kebijakan pembangunan daerah, lembaga ini juga berfokus pada pelatihan dan pemberdayaan masyarakat dan desa.

“Untuk kegiatan perdana tahun 2020, lembaga ini telah mengadakan kajian program SIMANTRI pemerintah kabupaten Manggarai. Dan sejauh ini, hasil riset tersebut sudah dibukukan dan dalam waktu dekat, buku tersebut akan dilaunching”, jelas Heribertus Erik San.

Sementata itu, Bupati Manggarai, Deno Kamelus dalam sambutannya menyampaikan rasa bangga dan terima kasihnya kepada lembaga LPPKPD untuk bantuan yang diserahkan kepada tim gugus tugas penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Manggarai.

“Saya bangga. Kepedulian dari adik-adik sebagai orang Manggarai sangat luar biasa sebab bagi saya, kepedulianlah yang menggerakkan energi dalam tubuh kita,” ujar Deno Kamelus.

Dikatakan Deno Kamelus, ketika adik-adik peduli dengan kondisi di Manggarai, maka ada suatu persepsi bersama bahwa kita semua memang harus bergerak maju. Dan tentu kita berharap bahwa itu tidak stagnan. Oleh karena itu, kita mau terlibat di dalamnya terutama bagaimana memberi kontribusi agar daerah ini terus bergerak maju. Kemudian, lanjut Deno Kamelus, adik-adik juga melihat bahwa meskipun ada program yang belum sempurna karena memang tidak ada manusia yang sempurna, tetapi ada suatu program atau kegiatan pemerintah yang prioritas; dan itu memang arahnya dalam rangka bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya para petani.

“Dan adik-adik juga peduli di situ. Lalu kemudian mencoba melihatnya dari sisi pandang pendekatan ilmu. Dan itu bagus. Kemudian dibentuk lagi sebuah lembaga. Lembaga ini juga bagian dari suatu ekspresi bagaimana seluruh sumber daya dan seluruh energi yang ada dari dalam diri kalian untuk dipakai, khususnya bagaimana memberikan kontribusi bagi daerah ini. Dan bagi saya, hal ini tentu sangat luar biasa yang harus kita apresiasi,” kata Deno Kamelus.

Lebih jauh, Deno Kamelus mengatakan, hari ini, adik-adik juga tahu bahwa kita masih dalam situasi pandemi Covid-19. Sepanjang hal yang berkaitan dengan bencana non alam dan juga darurat kesehatan belum dicabut oleh presiden maka sepanjang itu pula kita ini berada dalam situasi yang disebut dengan darurat kesehatan. Dalam situasi itu, kata Deno Kamelus, lambaga LPPKPD dengan jaringannya hadir memberikan bantuan untuk penanganan Covid-19.

“Bukan soal banyak dan jenisnya. Akan tetapi yang paling besar nilainya adalah ketika setiap pribadi dari adik-adik ini punya kepedulian. Itu yang paling penting menurut saya. Mau satu lembar pun sesuai dengan kemampuan, itu bukan soal. Mungkin orang bisa kasih ventilator yang harganya ratusan juta. Dan itu juga bukan soal. Karena poinnya yang paling penting adalah kepedulian. Jadi, dengan jaringan yang ada, kemudian memberikan dukungan dan bantuan alat pelindung diri berupa masker,” ungkap Deno Kamelus.

Mengakhiri sambutannya, orang nomor satu di Kabupaten Manggarai tersebut menyampaikan harapannya agar lembaga yang telah dibentuk tersebut bisa terus bekerja dan bergerak maju demi membangun daerah Manggarai.

“Selaku pemerintah, saya bersama tim gugus tugas mengucapkan terima kasih. Pesan saya bahwa kalian masih muda. Teruslah bekerja. Dan segala sesuatu akan bergerak terus kalau kita memiliki kepedulian,” tutup Deno Kamelus.(*)

Sumber berita dan foto (*/Jivan)
Editor (+rony banase)