‘DAFA Awards 2020’ Tuas Motivasi Anak Sebagai Pelopor dan Pelapor

87 Views

Jakarta, Garda Indonesia | Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Bintang Puspayoga menghadiri Penganugerahan Data Forum Anak (DAFA) Award Tahun 2020 yang diselenggarakan secara virtual. DAFA Award 2020 mengangkat tema “Petualangan di Gunung Kebahagiaan” dan terdapat 13 Nominasi Penghargaan untuk Forum Anak.

“Penghargaan ini menjadi motivasi agar anak-anak dapat terus memberikan sumbangsih terbaik bagi bangsa. Kami sangat mendukung inisiasi Forum Anak Nasional dalam menyelenggarakan DAFA Award sebagai ajang Pengumpulan Data dan Informasi Forum Anak se-Indonesia. Ini menunjukkan bahwa anak-anak telah memahami betapa pentingnya data sebagai bahan untuk melakukan evaluasi sekaligus mengukur efektivitas program maupun lembaga,” tutur Menteri Bintang pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Menteri Bintang menambahkan melalui DAFA Award, anggota Forum Anak Nasional telah belajar memanfaatkan data sesuai fungsinya yakni sebagai dasar untuk melakukan evaluasi berbagai kegiatan yang sudah dilakukan dan yang terbaik dalam memanfaatkan data sesuai kriteria layak mendapatkan penghargaan.

“Selamat, Bunda ucapkan kepada para pemenang semoga penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus menjadi Pelopor dan Pelapor (2P) dalam melakukan kegiatan serupa. Besar harapan agar DAFA Award 2020 ini dapat menjadi bahan evaluasi dan perencanaan bagi Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam melakukan berbagai kegiatan ke depan dan terus mengembangkan serta meningkatkan kapasitas dan kualitas Forum Anak,” tambah Menteri Bintang.

“Salah satu hak dasar anak adalah hak partisipasi. Pemenuhan hak anak harus terjamin dalam kondisi apa pun sebab hal tersebut merupakan bagian dari proses tumbuh kembang anak. Maka dari itu, Kemen PPPA mengembangkan dan meningkatkan wadah partisipasi anak, salah satunya melalui Forum Anak. Kunci keberhasilan Forum Anak dalam menjalankan peran dan fungsinya adalah adanya kemauan dan kemampuan anak untuk berperan sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) serta berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan,” ujar Menteri Bintang.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia

DAFA Award pertama kali diselenggarakan pada tahun 2012 oleh Sekretariat Forum Anak Nasional (SFAN) bekerja sama dengan pengurus Forum Anak Nasional dan Daerah di seluruh Indonesia. Program ini merupakan upaya konkret untuk memberikan apresiasi kepada setiap forum anak yang aktif, kreatif, serta inovatif dalam menjalankan perannya sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak serta keterlibatan anak dalam perencanaan pembangunan.

DAFA Award 2020 bertujuan untuk melakukan pendataan profil forum anak beserta kegiatan yang telah dilakukan untuk mengetahui keaktifan forum anak di setiap daerah, serta memberikan penghargaan kepada forum anak yang aktif, kreatif, dan inovatif sebagai upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Mekanisme yang diterapkan dalam DAFA Award kali ini adalah pendataan profil forum anak dalam bentuk Lembar Profil Forum Anak yang dikirimkan secara online, kemudian dilakukan penilaian oleh dewan juri. Peserta DAFA Award 2020 berjumlah 343 Forum Anak, terdiri dari 18 Forum Anak di tingkat Provinsi, 156 FA Kabupaten, 66 FA Kota, 80 FA Kecamatan, 8 FA Desa dan 15 FA Kelurahan.

Perwakilan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Bali, I Wayan Eka Wijaya menyampaikan terima kasih kepada Kemen PPPA dan Forum Anak Nasional atas penghargaan DAFA Awards 2020 sebagai Forum Anak Provinsi terbaik. “Penghargaan sebagai Forum Anak Provinsi terbaik merupakan kebanggaan bagi kami. Ini akan menjadi motivasi bagi anak-anak untuk meningkatkan kepedulian dalam menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak tanpa adanya diskriminasi. Tak lupa juga kami sampaikan terima kasih kepada Dinas PPPA dan Forum Anak yang ada di kabupaten/kota di Provinsi Bali yang telah aktif berperan dan bekerja keras sehingga kita bisa meraih penghargaan ini. Besar harapan kami dapat mempertahankan penghargaan ini dan ke depan kami bisa meningkatkan upaya perlindungan serta pemenuhan hak anak di Bali khususnya,” ujar I Wayan Eka Wijaya.

Sementara itu, Perwakilan Forum Anak Kota Bandung, Bara Athaya mengungkap rasa senang dan bangganya atas penghargaan yang diraih Forum Anak Kota Bandung di DAFA Awards 2020 sebagai Forum Anak teraktif. “Terima kasih kepada Bunda Bintang, Bunda Lenny, dan semua pihak yang terlibat dalam DAFA Awards 2020. Penghargaan ini akan menjadi pemicu dan pemacu kami dalam berperan aktif dan perencanaan pembangunan serta perlindungan anak. Semoga ke depannya kami terus semangat dan mendapatkan kesempatan yang seluas-luasnya dalam hal partisipasi hak- anak. Kami persembahkan penghargaan ini kepada Forum Anak Kota Bandung dan seluruh anak-anak di Jawa Barat,” ujar Bara.

Seiring dengan semakin berkembangnya Forum Anak di Indonesia, kapasitas dan peran Forum Anak harus terus ditingkatkan baik sebagai Pelopor dan Pelapor (2P) tentang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak, maupun tentang Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP). Hingga saat ini, Forum Anak di berbagai daerah telah melakukan berbagai kegiatan dan aksi positif dengan terus mengembangkan inovasi dan kreativitas mereka. Melihat perkembangan tersebut, maka diperlukan adanya pendataan yang sistematis guna mengetahui keaktifan Forum Anak di setiap daerah.

Adapun pemenang dalam 13 kategori penghargaan DAFA Award tahun 2020, adalah:

  1. Forum Anak Provinsi Terbaik – Forum Anak Provinsi Bali.
  2. Forum Anak Kota Terbaik – Forum Anak Kota Tanjungpinang.
  3. Forum Anak Kabupaten Terbaik – Forum Anak Kab. Bekasi.
  4. Forum Anak Kecamatan Terbaik – Forum Anak Kecamatan Moyudan, Kab. Sleman.
  5. Forum Anak Kelurahan Terbaik – Forum Anak Kelurahan Teladan, Kab. Bangka Selatan.
  6. Forum Anak Desa Terbaik – Forum Anak Desa Banaran, Kab. Gunung Kidul.
  7. Forum Anak dengan Program Unggulan Terbaik – Forum Anak Provinsi Bali.
  8. Lembar Profil Terbaik – Forum Anak Kab. Blitar.
  9. Forum Anak Lembar Profil Terbanyak – Forum Anak Provinsi Riau.
  10. Forum Anak 2P Terbaik – Forum Anak Kab. Buleleng.
  11. Forum Anak Partisipasi Anak dalam Perencanaan Pembangunan (PAPP) Terbaik – Forum Anak Kota Tanjungpinang.
  12. Forum Anak Teraktif – Forum Anak Kota Bandung.
  13. Media Sosial Forum Anak Terbaik – Forum Anak Kota Banjarmasin. (*)

Sumber berita dan foto (*/Publikasi dan Media Kementerian PPPA)
Editor (+rony banase)