Selundup 200 Kg Kayu Cendana dari Timor Leste, Dua Warga Diperiksa di Polres Belu

162 Views

Belu-NTT, Garda Indonesia | Dua oknum warga berinisial SEL dan EK, yang diduga menyelundupkan kayu Cendana dari Timor Leste ke Indonesia, sudah ditangani dan sedang diperiksa oleh penyidik Polres Belu. Demikian diungkapkan Kapolres Belu, AKBP Chairul Saleh di ruang kerjanya ketika dikonfirmasi awak media pada Selasa, 6 Oktober 2020.

Sesuai informasi yang dihimpun, pemeriksaan terhadap SEL dan EK oleh tim penyidik, berlangsung di ruangan Satreskrim Polres Belu sejak diserahkan Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif Raider 744/SYB pasca diamankan di Salore, Kecamatan Tasifeto Timur.

Selain dua oknum warga berinisial SEL dan EK, diserahkan juga barang bukti berupa kayu Cendana kurang lebih 200 kg dan satu unit kendaraan pengangkut.

Seperti diberitakan sebelumnya oleh nttonlinenow.com pada Minggu, 4 Oktober 2020, Personel Pos Salore Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB berhasil mengamankan Kayu Cendana sebanyak tujuh karung atau seberat kurang lebih 200 kilogram yang diduga dari Timor Leste ke Indonesia. Kayu Cendana yang dikemas dalam tujuh karung tersebut, digagalkan personil Satgas Yonif RK 744/SYB di wilayah Pos Salore setelah melintas masuk ke Indonesia pada Sabtu malam, 3 Oktober 2020.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Yonif RK 744/SYB Letkol. Inf. Alfat Denny Andrian, dalam keterangan tertulisnya, pada Minggu pagi, 4 Oktober 2020.

Menurut Alfat, pengamanan kayu Cendana dipimpin oleh Wadanpos Salore, Sertu Firman Wahyu bersama personel Pos Salore Kipur 1 Satgas Yonif RK 744/SYB bersama staf Intel pada Sabtu, 3 Oktober 2020, pukul 20.45 WITA.

Saat melaksanakan sweeping yang bertempat di CO.1210 – 9930 untuk jarak kurang lebih 1 Km dari Pos Salore di jalur utama Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, berhasil menangkap dua orang yang mengangkut kayu Cendana menggunakan mobil Avanza bernomor polisi, DH 1362 AM.

Jelas dia, Wadanpos Salore mendapat telepon dari anggota Staf Intel Satgas Serka Lalu Hamzanwandi yang memberikan informasi, di mana informasi tersebut bersumber dari salah seorang warga Motaain berinisial AN yang tidak ingin disebutkan identitasnya, bahwa akan ada mobil yang melintas membawa Kayu Cendana dari perbatasan Mota’ain ke arah Atambua. (*)

Penulis: (*/Herminus Halek)
Foto utama oleh nttonline.com
Editor: (+ ronny banase)